Ikrar Kebangsaan dan Kebhinekaan di Tugu Soekarno

Ikrar Kebangsaan dan Kebhinekaan di Tugu Soekarno


TUGU Soekarno di Kota Palangka Raya kembali menegaskan ikon kebangsaan di Tanah Air. Ikrar kebangsaan untuk Merah Putih Indonesia yang dipusatkan di Tugu Soekarno, Selasa (1/8/2017) menjadi bukti semangat memperingati HUT Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ikrar berisi tujuh poin dibacakan Wakil Gubernur, Habib Said Ismail. Makin semarak, karena acara dimeriahkan dengan tarian Kebangsaan dalam Kebhinekaan yang dilakukan 72 personel SatBrimob Polda Kalteng, dengan diiringi lagu daerah masing-masing.

Kapolda Kalteng melalui Wakapolda Kalteng Kombes Pol Dr Dedy Prasetyo M,Hum M,Si MM mengatakan, ikrar ini merupakan instruksi pemerintah untuk menggelorakan bulan kemerdekaan.

"Kegiatan ini instruksi pemerintah, yang dalam instruksi pemerintah adalah untuk menggelorakan Bulan Kemerdekaan, yang kemudian kita lakukan kerjasama. Artinya dengan seluruh komponen bangsa bisa bekerjasama untuk membangun bangsa lebih sejahtera," ucapnya.

Untuk puncak kegiatan, lanjutnya,  dilakukan pengibaran bendera di seluruh perbatasan. "Puncak dari kegiatan ini tentunya kita akan gelorakan pengibaran bendera Merah Putih di perbatasan, alur sungai, serta pinggiran pantai. Tentunya dengan pengibaran bendera yang kita bagikan secara gratis beberapa waktu lalu, kita canangkan satu juta. Kini telah kita lakukan itu, untuk kalimantan Tengah, dan satu-satunya di Kalimantan Tengah yang melaksanakan Bulan Kemerdekaan ini," jelasnya.

Sementara itu, Wagub Said mengucapkan terima kasih kepada Polda Kalteng atas kegiatan ini. "Luar biasa kegiatan ini. Ikrar Soekarno yang dibacakan tadi, itu untuk menyatukan kita. Artinya kita ini tidak memadang suku agama, ras dan juga golongan. Kita ini satu, satu bangsa satu bahasa, itulah Indonesia," tuturnya.[dona]


Lebih baru Lebih lama