Jembatan Mandastana Tanipah Runtuh di Momen 17 Agustus

Jembatan Mandastana Tanipah Runtuh di Momen 17 Agustus


JEMBATAN penghubung Desa Bangkit Baru-Desa Tanipah, Kecamatan Mandastana, runtuh, Kamis (17/8/2017) sekitar pukul 11.30 Wita.

Menurut keterangan warga, yang tak mau disebutkan namanya, sekitar pukul 11.30 Wita, wita tiba tiba terdengar suara keras "bruk". Di antara saksi mata bahkan melihat air sungai naik ke atas, dan setelah dilihat teryata jembatan Tanipah runtuh  dan patah di bagian tengah jembatan.

Ini tampakanya disebabkan tiang jembatan penyangga di bagian tengah, amblas. Beruntung, tak ada korban luka maupun korban jiwa dari kejadian ini.

Dari data di lapangan, jembatan Tanipah ini dibangun 1 Juli 2015 oleh Dinas Pekerjaan Umum dengan kontraktor PT Citra Bakumpai Abadi  dengan nomor kontrak 261/KPA/DPU-BM/2015.


Sumber dana pembangunan jembatan dengan panjang lebih kurang 100 meter ini berasal dari DAK tambahan APBN Perubahan sebesar Rp17 miliar lebih.

Hingga kini patahnya jembatan ini belum diketahui secara pasti penyebabnya. Camat Mandastana Suyud membenarkan runtuhnya jembatan yang dibangun dengan dana miliar rupiah itu.

Sementara itu, Kapolres Barito Kuala, AKBP Syahril Saharda yang dikonfimasi, Kamis (17/8/2017) siang juga membenarkan adanya jembatan patah tersebut.


“Ia kita dapat informasi sekitar satu jam lalu,” ucapnya seraya mengatakan anggotanya tengah menuju lokasi.[mia/smr]



Lebih baru Lebih lama