Bidan Desa, Ujung Tombak Pelayanan Kesehatan Ibu dan Balita

Bidan Desa, Ujung Tombak Pelayanan Kesehatan Ibu dan Balita


KUALA KAPUAS - Peran bidan di Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) terbilang penting, bahkan bisa dibilang sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan bagi masyarakat di pedesaan. Terutama bagi kalangan ibu-ibu dengan balitanya.

Bersama kader Posyandu, bidang memiliki tanggung jawab yang cukup berat untuk terciptanya kesehatan ibu dan anak, khususnya bagi ibu-ibu hamil. Tak terkecuali di Desa Sei Asam, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas.

Yuni, bidang sekaligus penanggung jawab Poskesdes Desa Sei Asam, Jumat (15/9/2017) mengatakan, Poskesdes memiliki banyak aktivitas pelayanan bagi ibu-ibu, bayi, maupun juga ibu hamil. Karenanya, Poskedes buka setiap hari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.

Yuni menyampaikan, dalam kegiatan posyandu dilakukan aktivitas imunisasi bagi bayi, mulai dari yang baru lahir, dan minimal sampai usia enam bulan. Vaksin yang diberikan, antara lain vaksin DPT, Polio, HB, Hib.

"Pelayanan tidak dipungut biaya bagi ibu-ibu yang membawa anaknya untuk diberikan vaksin imunisasi," tuturnya.[kristanto]


Lebih baru Lebih lama