Polda Kalteng Amankan Bandara Tjilik Riwut dari Pendemo

Polda Kalteng Amankan Bandara Tjilik Riwut dari Pendemo


MetroKalimantan -  Pengunjuk rasa yang ingin memasuki Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya dihalangi ratusan personel gabungan Polda Kalimantan Tengah, Selasa (12/9/2017). Ini penting dilakukan, mengingat bandara merupakan objek vital.

Beruntung, aksi demo ini dapat dikendalikan pihak kepolisian, lantaran memang aksi ini merupakan bagian dari simulasi untuk mengantisipasi kemungkinan yang bakal terjadi.

Kapolda Kalteng Brigjen Pol Drs Anang Revandoko melalui Kabid Humas Polda Kalteng AKBP H Pambudi Rahayu mengatakan, kegiatan simulasi untuk persiapan pengamanan di Bandara Tjilik Riwut menjadi perhatian serius karena salah satu objek vital.

"Ini kita lakukan untuk pencegahan apabila ada aksi demo. Bandara Tjilik Riwut salah satu objek vital yang harus kita lindungi, baik presiden, wakil presiden, juga menteri yang akan datang. Kita juga tahu di sini ada pejabat-pejabat tinggi negara yang akan datang untuk Pilkada tahun depan," katanya.

Dia juga menambahkan, jumlah anggota yang dikerahkan untuk latihan simulasi sekitar 1.000 personel gabungan, di antaranya dari Polres Palangka Raya, Sabhara Polda Kalteng, juga personel Brimob.

"Ada kita siapkan watercanon, baracuda, juga ambulance. Ada premas yang menggunakan roda dua, untuk mencerai berai massa sebanyak satu pleton," jelasnya.

Kepolisian juga akan menyiapkan langkah untuk mengantisipasi ke depan. "Kita akan lakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi wilayah Kalimantan Tengah, khususnya Bandara Tjilik Riwut apabila ada terjadi hal yang kita tidak inginkan, tapi mudahan Kalteng ini selalu aman kondusif," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bandara Tjilik Riwut, Paryono mengatakan, pihak bandara akan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Kita serah penuhlah kepada pihak kepolisian. Kita juga sudah ada kerjasama atau MoU dengan pihak Polda sendiri. Saya terima kasih kepada pihak kepolisian bisa membantu pengamanan bandara, tapi mudahan tidak terjadi hal-hal yang merugikan. Kita sama-sama membantulah, tapi Kalteng sangat kondusif sekarang," pungkasnya.[maradona]



Lebih baru Lebih lama