Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Bandara Soetta Sediakan Petugas Airport Helper

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Bandara Soetta Sediakan Petugas Airport Helper


MetroKalimantan - Terhitung sejak 1 September 2017, manajemen Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta menambah satu lagi fasilitas kenyamanan bagi penumpang yang pergi maupun datang melalui bandara ini.

Dengan mengenakan seragam biru langit seakan mencerminkan semangat dirgantara, petugas Airport Helper yang sebelumnya dikenal dengan sebutan porter, kini siap melayani para penumpang.

Dani, salah seorang Airport Helper yang ditemui oleh metrokalimantan.com, Minggu (10/9/2017) mengaku senang dengan peralihan dari Porter menjadi Airport Helper. Itu karena dengan posisi Airport Helper, dirinya kini memiliki kepastian gaji tetap sebesar UMR Kota Tangerang.

Bukan hanya itu, Dani juga tidak lagi perlu adu tawar harga jasa angkut barang dengan penumpang, dan tinggal fokus melayani penumpang. Selain itu, dengan petugas Airport Helper lainnya, Dani tidak perlu lagi memikirkan uang setoran yang sebelumnya menjadi beban bagi mereka.

Dani juga mengatakan, pelayanan Airport Helper mengutamakan penumpang Lansia, Ibu hamil atau membawa bayi, dan penyandang difabel. "Tapi kami tetap tidak keberatan untuk melayani penumpang yang sehat, tetapi kesulitan dengan bawaannya yang banyak," imbuhnya.

Sementara itu, Branch Communication Manager PT Angkasa Pura II, Dewanto Prasetyo Nugroho mengungkapkan, penyediaan tenaga Airport Helper, salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan standar kualitas Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan bandara lainnya di dunia. Kemudian juga untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jasa porter, di mana tidak perlu lagi untuk tawar menawar dengan porter, tetapi sekarang dilayani. Walaupun pihak Bandara mengutamakan self service kepada para penumpang.

Keberadaan Airport Helper tentu saja sangat membantu para penumpang, terutama bagi mereka yang kesulitan membawa barang bawaannya menuju counter check in.[kristanto]


Lebih baru Lebih lama