BBPP Binuang Dukung Program PATB Kedelai di Delapan Kabupaten di Kalsel dengan Dana APBN-P Ditjen Tanaman Pangan

BBPP Binuang Dukung Program PATB Kedelai di Delapan Kabupaten di Kalsel dengan Dana APBN-P Ditjen Tanaman Pangan


BINUANG - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang mendukung Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) kedelai seluas 27.000 hektare yang tersebar di delapan Kabupaten di Kalimantan Selatan.

Program ini menggunakan dana APBN-P Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dari BBPP Binuang, salah satunya dengan melaksanakan dan mengembangkan pelatihan teknis pertanian bagi aparatur dan non aparatur.

"Pelatihan teknis tematik kedelai bagi petani sendiri dilaksanakan di bulan Oktober di Kabupaten Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Tengah, Tapin, Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kotabaru," kata Anwar Syarif, Kepala BBPP Binuang, Rabu (11/10/2017).

Untuk di Kabupaten Tanjung, Balangan, Tapin, Banjar dan Tanah Bumbu dilangsungkan mulai 9 hingga 12 Oktober 2017. Sedang tiga angkatan di Kabupaten Tanah Laut dijadwalkan mulai 17 hingga 20 Oktober 2017. Kemudian di Kotabaru satu angkatan juga dimulai 17 hingga 20 Oktober 2017, dan selanjutnya di Hulu Sungai Tengah digelar dari 16 hingga 19 Oktober 2017.

Menurut Anwar Syarif, tujuan dari pelatihan teknis tematik itu sendiri adalah untuk meningkatkan kompetensi petani penerima manfaat program PATB kedelai dalam membudidayakan kedelai, sehingga petani yang sebagian belum pernah menanam kedelai lebih yakin bahwa mereka akan berhasil dalam melaksanakan program PATB kedelai tersebut.

"Rekan rekan Tim Pengawalan yang nantinya terjun ke Kabupaten penerima manfaat program juga telah diinstruksikan untuk mengidentifikasi petani yang belum pernah menanam kedelai," tutur Anwar Syarif.[bayu/rilis]


Lebih baru Lebih lama