BBPP Binuang Dukung Program Peremajaan Karet Melalui Pelatihan Teknis Tematik di Tabalong

BBPP Binuang Dukung Program Peremajaan Karet Melalui Pelatihan Teknis Tematik di Tabalong


HARUAI - Pelatihan teknis tematik peremajaan karet digelar kepada petani karet di Kecamatan Haruai dan Kecamatan Upau, Kabupaten Tabalong. Pelatihan yang diikuti sebanyak 30 peserta ini dilaksanakan selama empat hari, mulai 23 hingga 26 Oktober 2017.

Pelatihan ini sendiri merupakan kerjasama Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang dengan Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, dengan bertujuan untuk memberikan pemahaman konsep dan teknologi baru yang direkomendasikan.

Ir Johan Noor Effendi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong hadir untuk menyampaikan materi Kebijakan Program Peremajaan Karet. Dalam materi ini, Johan menekankan bahwa dengan Sitem Usaha Perkebunan Rakyat Diversifikasi dan Integrasi (SUPRA-DIN ) berbasis karet ini, diharapkan gawangan kosong dapat dijadikan sebagai "penyangga ekonomi petani".

Selain itu, Jonan berharap petani Kecamatan Haruai dan Kecamatan Upau dapat dijadikan sebagai percontohan dan panutan bagi petani karet lainnya.

Selama proses pelatihan, peserta akan difasilitasi tim pelatih yang sebelumnya telah mengikuti TOT Komoditas Karet di BBPP Binuang.

Di sela istirahat siang, petani peserta pelatihan mengatakan, program ini sangat bagus dan mereka menyatakan kesiapan serta kesanggupan untuk menerapkan teknologi sesuai dengan yang dianjurkan.[bayu/rilis]


Lebih baru Lebih lama