Bersama BBPP Binuang, Dinas Pertanian Lakukan Penyiapan Benih Kedelai dengan Menambahkan Rhizobium pada Pelatihan Tematik

Bersama BBPP Binuang, Dinas Pertanian Lakukan Penyiapan Benih Kedelai dengan Menambahkan Rhizobium pada Pelatihan Tematik


BARABAI - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang mendapat mandat untuk melaksanakan pengawalan pendampingan pelatihan tematik kedelai Kalimantan Selatan angkatan II. Kegiatan ini kemudian digelar selama empat hari, 16 hingga 19 Oktober 2017 di BPP Kapar Kecamatan Batang Alai Selatan.

Pelatihan tematik ini digelar untuk mendukung Program Perluasan Tanam Baru (PATB) kedelai di delapan Kabupaten di Kalsel, di mana salah satunya di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Kegiatan ini diikuti sebanyak 30 peserta yang berasal dari sembilan kecamatan di HST dan difasilitatori tim pelatih yang sudah mengikuti Training Of Trainner (TOT) komoditas kedelai.

Ir Zainudin R M.AP, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HST berkesempatan secara resmi membuka pelatihan tersebut. Pada kesempatan ini, dia menyampaikan bahwa pelatihan ini adalah berkat dari kerjasama antara BBPP Binuang dengan Dinas Pertanian Kabupaten HST yang menggunakan dana APBN-P 2017 dari Ditjen Tanaman Pangan.

"Hasil yang diinginkan dari pelatihan ini secara umum adalah agar para peserta nantinya dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikapnya di dalam membudidayakan kedelai. Dan juga agar dapat menanam tanaman kedelai sesuai dengan GAB (Good Agriculture Practice)," jelas Zainudin.


Senada, Kepala BBPP Binuang, Ir Anwar Syarif M.Ed menerangkan, bahwa materi yang diajarkan adalah penyiapan lahan dan bahan tanam kedelai, penanaman dan pemeliharaan tanaman kedelai, pembuatan dan pengaplikasian pestisida nabati serta agen hayati dilanjutkan dengan panen dan pasca panen.

“Dan di akhir pelatihan semua peserta diwajibkan membuat rencana tindak lanjut dari pelatihan ini," ujar Anwar Syarif.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Juhar Arifin S.Hut menyebutkan, nanti peserta akan mengikuti kunjungan lapang sekaligus praktek pengukuran Ph tanah di  Kelompok Tani Berkat Mupakat Desa Lunjuk Kecamatan Batang Alai Selatan.

"Di sana peserta akan melakukan praktek pengolahan lahan, pengukuran Ph tanah, penyiapan benih kedelai dengan menambahkan rhizobum," imbuhnya.[bayu/rilis]

Lebih baru Lebih lama