Bersama Dinas Terkait, BBPP Binuang Gelar Diklat Teknis Tematik Bawang Merah

Bersama Dinas Terkait, BBPP Binuang Gelar Diklat Teknis Tematik Bawang Merah


PELAIHARI – Sebanyak 30 petani bawang merah yang berlokasi di Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut mengikuti kegiatan pelatihan teknis tematik bawang merah di BP3K Pelaihari, Kecamatan Pelaihari.

Pelatihan yang digelar selama empat hari, 9 hingga 12 Oktober 2017 ini diselenggarakan atas kerjasama Puslatan-Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang Kementerian Pertanian dengan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut, Ir Akhmad Mustahdi MM. Pelatihan ini bertujuan ntuk meningkatkan kompetensi petani bawang merah di Pelaihari agar mampu melaksanakan kegiatan budidaya bawang merah dalam rangka program pengembangan bawang merah.

Dengan pelatihan ini, petani dapat memanfaatkan sumberdaya pertanian secara optimal melalui pemanfaatan teknologi yang tepat sehingga kapasitas sumberdaya pertanian dapat dilestarikan dan ditingkatkan, serta petani mempunyai minat membangun kelembagaan pertanian yang kokoh dan mandiri.


Untuk materi kebijakan pemerintah dalam pengembangan komoditas bawang merah di Kabupaten Tanah Laut langsung Ir Akhmad Mustahdi MM. Sementara untuk pelatih berasal dari tim fasilitator PPL, POPT dan KJF dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut yang sudah dilatih Training Of Trainer (TOT) di Binuang.

Selanjutnya, dalam pelatihan akan dilaksanakan praktek dan kunjungan lapangan langsung ke Kelompok Tani Usaha Mandiri di Desa Pemuda Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah laut pada 11 Oktober 2017 dengan materi Pengamatan Hama Penyakit Tanaman Bawang Merah.

Kunjungan lapangan akan dikoordinatori oleh ketua pelaksana Bapak Saidilah SP.[bayu/rilis]


Lebih baru Lebih lama