Camat Banua Lawas Sosialisasikan Gerbang Emas Bersinar 2017

Camat Banua Lawas Sosialisasikan Gerbang Emas Bersinar 2017


TANJUNG - Sosialisasi program Gerbang Emas Bersinar Kabupaten Tabalong dilaksanakan di Aula Kantor Camat Banua Lawas, Rabu ( 18/10/2017). Program ini digelar dalam rangka mengembangkan potensi yang ada di Kabupaten Tabalong, khususnya di Kecamatan Banua Lawas.

Program ini merupakan salah satu gerbang emas yang mencanangkan program Rp1 miliar dari Dana Desa (DD) yang sudah diturunkan ke masyarakat desa, khususnya di beberapa Desa Kecamatan Banua Lawas.

Camat Banua Lawas, Zainudin mengatakan, sosialisasi ini sengaja digelar dalam rangka peningkatan sumber daya  masyarakat dan potensi-potensi alam yang ada di Kecamatan Banua Lawas.

"Ada beberapa potensi yang harus dikembangkan bersama pemerintah dan masyarakat desa Banua Lawas, yakni potensi  lombong padi, potensi lombong ikan, potensi ternak, dan potensi cagar budaya," ujar Zainudin kepada wartawan Metro Kalimantan di ruang kerjanya.

Menurutnya, upaya dilaksanakannya program Gerbang Emas ini semata-mata untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) baik di bidang pertanian, perikanan dan peternakan, untuk kedepannya.

Program Emas ini juga mendapat dukungan bantuan dari pihak pemerintah, dan bantuan TNI. Ini dikarenakan banyaknya ditemukan lahan tidur di wilayah Kecamatan Banua Lawas.

Untuk 2015 lalu, Kecamatan Banua Lawas merupakan kecamatan yang terbesar menerima dana bantuan dari pemerintah, yakni bantuan ADD. Sementara untuk desa yang menerima dana bantuan terbesar untuk program Kampung KB, adalah Desa Hapalah.

Selain itu, ada beberapa dana desa yang diturunkan untuk  bedah rumah bagi masyarakat yang kurang mampu. Bisa dikatakan untuk golongan masyarakat miskin, di antaranya di Desa  Hariang, Purai, dan Bungin. Program bedah rumah ini dibantu juga oleh aparat TNI, tepatnya Babinsa yang ada di Kecamatan Banua Lawas.

"Untuk program Gerbang Emas Bersinar sendiri ke depan diharapkan bisa mengurangi angka kemiskinan yang ada di Kecamatan Banua Lawas, menggarap lahan tidur yang selama ini belum berkembang, membentuk pengelolaan potensi di sektor pertanian, sektor perikanan, dan sektor peternakan," harap Zainudin.

Sosialisasi Gerbang Emas Bersinar dibuka langsung Bupati Tabalong yang di wakili oleh kepala Bappeda Tabalong.

Darsani, Kabid BPMPD Tabalong menyampaikan mengenai adanya penggunaan alokasi dana desa yang diturunkan ke masyarakat desa, sesuai dana yang dialokasikan ke masing-masing desa dan nilai dana yang diturunkan ke desa berbeda-beda dengan desa lainnya.[sri]


Lebih baru Lebih lama