Dukung Petani Tanbu Tanam Kedelai, BBPP Binuang Gelar Pelatihan Tematik

Dukung Petani Tanbu Tanam Kedelai, BBPP Binuang Gelar Pelatihan Tematik


BATULICIN - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Pelatihan Teknis Tematik Kedelai Angkatan VII di BPP Karang Bintang, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu.

Ini digelar untuk mendukung program Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) Kedelai dengan dana APBN-P 2017 dari Ditjen Tanaman Pangan, seluas 27.000 hektar di Kalimantan Selatan, di antaranya 1.603 hektar di kabupaten Tanah Bumbu.

Tujuannya tak lain untuk meningkatkan kompetensi petani agar mampu melaksanakan kegiatan budidaya kedelai, memanfaatkan bantuan benih dan saprodi lainnya yang disalurkan melalui Dinas Pertanian kabupaten Tanah Bumbu.

"Saya mengharapkan kegiatan pelatihan ini dapat lebih memberi wawasan dan pengetahuan khususnya untuk pekerjaan pertanian yang selama ini sudah mereka jalankan sebagai seorang petani," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, H Setia Budi SKM MM, Kamis (12/10/2017).

Misran SE, Kepala Seksi Penyelenggara Pelatihan Non Aparatur BBPP Binuang menambahkan, kegiatan pelatihan yang diadakan mulai 9 hingga 12 Oktober 2017 ini diikuti oleh pengurus kelompok tani penerima manfaat program PATB dari Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 30 orang.

Sementara itu, Edy Purwanto, salah seorang peserta Pelatihan Teknis Tematik Kedelai di BPP Karang Bintang mengaku sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini. Apalagi banyak ilmu yang didapat, hingga memotivasi dirinya untuk menanam kedelai.

"Saya belum pernah menanam kedelai, namun setelah mengikuti pelatihan ini saya akan menyampaikan kepada anggota kelompok tani ilmu yang didapat, dan akan memanfaatkan program bantuan ini secara optimal melalui pemanfaatan teknologi," Edy.

Menurut pengurus Kelompok Tani Berkat Usaha ini, 50 persen peserta pelatihan ini belum pernah menanam kedelai.

Tanggapan positif juga dikemukakan oleh peserta pelatihan lainnya, Damis Misdiantoro, Bendahara Kelompok Tani Beji Lestari.

"Pengetahuan dan keterampilan saya bertambah, sehingga saya yakin tingkat keberhasilan saya juga akan bertambah di dalam berusaha tani kedelai,” ucapnya.[rilis/bayu]


Lebih baru Lebih lama