Berkat Panen Raya, Poktan Ini Dapat Bantuan Lagi

Berkat Panen Raya, Poktan Ini Dapat Bantuan Lagi

BATULICIN, MK – Panen raya cabai Kelompok Tani (Poktan) Mekar Rahayu digelar di Desa Manunggal Kecamatan Karang Bintang, Kamis (25/1/2018) kemarin. Panen ini langsung dihadiri Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, H Setia Budi.
Panen cabai di atas lahan seluas 2 Hektare ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, karena dinilai telah berhasil mengembangkan tanaman cabai hingga mencapai masa panen dengan produksi cukup baik.
H Setia Budi, melalui Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan dan Holtikultura, Zainal Abidin mengatakan, dengan berhasilnya tanaman cabai yang ditanam Poktan Mekar Rahayu, Pemkab Tanbu akan kembali memberikan bantuan fasilitas pengembangan cabai dan pengembangan komoditas lainnya, seperti tanaman jagung dan kedelai.
“Bantuan tersebut berupa bibit dan sarana produksi,” ungkap Zainal.
Sementara itu, untuk tanaman cabai yang dipanen ini, bibitnya merupakan bantuan dari pemerintah bersumber dari dana APBN Tahun 2017. Ditambah lagi dengan bantuan alat pengolah tanah yang dikelola secara kelompok.
Menurut Zainal, perkembangan tanaman cabai di Tanah Bumbu sangat bagus, dan mempunyai pangsa pasar yang cukup menguntungkan. Pemeliharaan tanaman cabai juga tidak terlalu sulit dan dalam tiga bulan sudah panen.
“Cabai ini dijual ke pasar-pasar lokal terdekat. Harga jualnya di tingkat petani juga sangat bagus, sehingga menambah pendapatan ekonomi keluarga,” sebutnya.
Selain petani, panen raya juga diikuti Camat Karang Bintang, Herry Kurbiansyah, Muspika Karang Bintang, Pemerintah Desa beserta jajarannya.[joni/mctb]

Lebih baru Lebih lama