Bupati Tapin Panen Perdana Bawang Merah

Bupati Tapin Panen Perdana Bawang Merah


BINUANG, MK - Bersama petani, Bupati Tapin, HM Arifin Arpan melakukan panen perdana bawang merah di Kelurahan Binuang, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, Senin (22/1/2018).

Hadir dalam acara panen ini, Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Anwar Syarif, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tapin, Masyariansyah, perwakilan Dinas Pertanian Kalimantan Selatan, penyuluh pertanian, tokoh masyarakat dan anggota kelompok tani.

Pada kesempatan ini, Arifin memberikan apresiasi yang tinggi kepada para petani di Kelurahan Binuang, karena telah berhasil mengembangkan tanaman bawang merah dengan kerjasama pihak terkait antara BBPP Binuang, Dinas Pertanian Tapin dan Dinas Pertanian Kalsel.

“Saya Gembira, dan salut. Terima kasih kepada jajaran pertanian yang ada di Kabupaten Tapin, karena berkat kerjasama yang baik maka tanaman bawang merah dapat berkembang di sini, sehingga petani dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya,” tuturnya.

Arifin mengharapkan budidaya penanaman bawang merah terus dikembangkan di masa mendatang. “Produksi bawang merah asal Kabupaten Tapin sudah dapat menutupi kebutuhan akan bawang merah di Provinsi Kalimantan Selatan sekitar 14 juta ton, bahkan sudah ekspor ke negara Thailand,” ungkapnya.

Salah satu petani Binuang, H Juanda mengatakan, bawang merah yang dipanen ini merupakan varietas batu ijo. “Bawang merah yang dipanen saat ini adalah varietas batu ijo asal dari daerah Batu-Malang. Ditanam di lahan seluas 3 hektare dengan produktivitas 10,2 ton per hektare,” terangnya.

“Mudah-mudahan dengan hasil ini, bawang merah di Kabupaten Tapin, khususnya Kecamatan Binuang dapat bersaing dengan daerah Brebes,” pungkas Juanda.[bayu/rilis]


Lebih baru Lebih lama