Dikelola Profesional, Koperasi Berpotensi Makmurkan Perekonomian Masyarakat

Dikelola Profesional, Koperasi Berpotensi Makmurkan Perekonomian Masyarakat


BATULICIN, MK – Pengelolaan koperasi secara profesional akan menjadi bagian solusi jitu untuk memperbaiki perekonomian masyarakat, mulai tingkat desa hingga berdampak pada ekonomi perkotaan. Ini juga menjadi pesan Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming kepada pelaku koperasi.

Saran orang nomor satu di Bumi Bersujud ini diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Usaha Mikro Tanah Bumbu, Drs Suhartoyo saat membuka pelatihan laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) bagi Koperasi di Aula Sekretariat TP PKK Tanbu, Rabu (31/1/2018).

Ia mengatakan, sebagai solusi memperbaiki ekonomi, maka usaha koperasi harus dijalankan secara serius meskipun banyak tantangannya. Namun tantangan itu justru harus dikelola untuk jadi peluang.

“Pendiri Bangsa sudah menginsyaratkan bahwa soku guru ekonomi ada pada koperasi. Karena koperasi memiliki kedaulatan tangguh dalam pengelolaan ekonomi kerakyatan,” ungkapnya.

Suhartoyo menambahkan, sarana untuk meningkatkan pengelolaan koperasi itu perlu adanya evaluasi melalui pertanggung jawaban laporan.

“Efek ke depan, koperasi akan maju dan berkembang. Namun dalam hal simpan pinjam, pihak koperasi harus berorientasi pada usaha yang produktif bukan pada hal yang konsumtif,” pungkasnya.[joni/mctb]


Lebih baru Lebih lama