Dorong Terbentuknya Manusia Berkarakter, Perusahaan Diminta Optimalkan K3

Dorong Terbentuknya Manusia Berkarakter, Perusahaan Diminta Optimalkan K3


BATULICIN, MK - Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Kabupaten Tanah Bumbu diperingarti di halaman Kantor Site Jhonlin Baratama, Kecamatan Satui, Sabtu (27/1/2018) pagi. Peringatan ini dihadiri langsung Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor.

Pada peringatan ini, gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini sekaligus menjadi Pembina Upacara Bulan K3. Selain gubernur, tampak hadir Wakil Bupati Tanbu H Sudian Noor, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kalsel, Kapolsek Satui, Camat, Satui dan seluruh jajaran pimpinan perusahaan yang ada di wilayah Tanbu.

Menteri Ketenagakerjaan RI dalam sambutan tertulis yang dibacakan Gubernur Kalsel mengatakan, melalui momentum peringatan Bulan K3 bertema “mendorong terbentuknya manusia bangsa yang berkarakter” ini diharapkan kepada perusahaan yang ada di seluruh Indonesia untuk selalu mengoptimalkan dan menjalankan program keselamatan dan kesehatan kerja, sehingga mampu menekan angka kecelakaan kerja.

"Karena tujuan K3 tidak hanya untuk memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja agar terjamin keselamatannya, tetapi juga untuk mengendalikan risiko terhadap peralatan, aset, dan sumber produksi," paparnya.

Sehingga, lanjutnya, dapat digunakan secara aman dan efisien agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Itu karena salah satu penyebabnya kecelakaan kerja tersebut adalah dikarenakan belum optimalnya manajemen program K3 di perusahaan tersebut.

Sementara itu, dalam sambutannya Direktur Utama PT Jhonline Baratama Fahrial mengatakan, tujuan perlindungan K3 tersebut dapat terlaksana apabila seluruh unsur yang terdapat di perusahaan baik pihak manajemen perusahaan, serikat pekerja/serikat buruh, dan tenaga kerja atau buruh bersama–sama berkomitmen melaksanakan upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

General Manager PT Arutmin Indonesia Novriadi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada gubernur yang telah berhadir pada acara peringatan bulan keselamatan kesehatan kerja tahun ini.

"Saya juga berharap kepada seluruh perusahan yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, khususnya Tanah Bumbu agar mengoptimalkan manajemen program K3 di perusahaan masing masing," tuturnya.[joni/mctb]


Lebih baru Lebih lama