Fasilitasi Siswa Belajar, Pemkab Balangan Operasikan Mobil Perpustakaan Keliling

Fasilitasi Siswa Belajar, Pemkab Balangan Operasikan Mobil Perpustakaan Keliling


PARINGIN, MK - Perhatian kepada pelajar diaplikasikan Pemerintah Kabupaten Balangan dengan menyediakan mobil perpustakaan keliling. Mobil yang dioperasikan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini, tak hanya memfasilitasi mereka untuk belajar di sekolah, melainkan juga mengedukasi dalam berbagai permainan dan kegiatan membaca buku bersama.
"Untuk sekolah yang ada di Kabupaten Balangan, walaupun masih kurang mudah-mudahan bisa memenuhi keinginan siswa sesuai harapan," tutur Kepala Dinas Perpustakaan Dokumen dan Kearsipan Balangan, Syarif Ubaidillah belum lama tadi.
Menurut pria yang akrab disapa Ubay ini, mobil perpustakaan keliling sering beroperasi di ruang publik. Mobil ini telah disediakan untuk anak-anak sekolah yang ada di Balangan bisa beroperasi sesuai harapan.
Ratusan buku anak-anak telah tersedia di mobil ini, mulai dari buku tentang pendidikan umum, sejarah hingga buku tentang edukasi. Tentunya dapat dibaca secara gratis oleh anak-anak.
"Respon awal, kita telah coba dan evaluasi yang mendapat respon positif dari anak-anak yang berjubel mengantri di mobil Perpustakaan Keliling," ujarnya.
Mobil ini beroperasi dari pukul 08.00 hingga 16.00 Wita, menuju satu lokasi sekolah yang telah ditentukan sebelumnya. Disamping itu, buku bacaan yang disediakan juga dilakukan evaluasi rutin dengan melihat respon baca anak-anak di lapangan.
"Jika buku cerita banyak diminati, jadi jumlahnya kita lakukan evaluasi, sembari berharap fasilitas ini dapat mengurangi rasa jenuh anak-anak di sekolah, serta meningkatkan rasa kebersamaan dalam pelaksanaan kegiatan bermain bersama," jelasnya.
Sementara itu, Diah salah satu siswa yang sering membaca buku di perpustaakaan mengaku senang bisa membaca bersama teman-teman. Di samping diajak membaca, siswa kelas III SD ini juga diajak bermain oleh para pegawai Perpustakaan Keliling.
"Selama ini hanya bermain saja sama teman-teman, kini bisa mengisi waktu membaca buku bersama," ujarnya.[sri]

Lebih baru Lebih lama