Integrasikan Data, Diskominfo Tanbu Latih Puluhan Tenaga TI

Integrasikan Data, Diskominfo Tanbu Latih Puluhan Tenaga TI


BATULICIN, MK - Untuk mengimplementasikan aplikasi platform layanan pemerintah di Kabupaten Tanah Bumbu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tanah Bumbu menggelar Training of Trainer (TOT) di Pusat Study AMC, Kantor Diskominfo Tanbu di Gunung Tinggi, Batulicin, Rabu (31/1/2018).

Ini dinilai penting, mengingat aplikasi ini terintegrasi dengan sistem Aplication Monitoring Center (AMC). TOT juga dimaksudkan untuk memastikan agar program pemerintah ini bisa dijalankan dengan baik di kecamatan dan desa. Kegiatan ini sendiri diikuti puluhan tenaga TI (Tekhnologi Informasi).

“Kami ingin mengintegrasikan data-data yang ada di kecamatan dan desa ke dalam satu sistem yang disebut AMC,” terang Kepala Dinas Kominfo Tanbu Ardiansyah S.Sos MM saat membuka Training of Trainer tersebut.

Menurutnya, agar semua itu terlaksana dengan baik, diperlukan tenaga professional atau SDM yang terlatih di bidang TI yang nantinya akan ditugaskan sebagai trainer untuk melatih admin di kecamatan dan desa.

“Peserta TOT dilatih kemampuannya oleh Tim Pengembangan TI dari Jakarta, dengan harapan para trainer tersebut siap terjun langsung ke kecamatan dan desa untuk selanjutnya melatih para admin TI kecamatan dan desa,” ujar Ardiansyah.

Disamping itu, Ardiansyah mengingatkan agar peserta TOT dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam pelaksanaan pembangunan. Oleh karena itu juga Bupati Tanbu, Mardani H Maming mendatangkan Tim Pengembangan TI ke Tanah Bumbu.

Dalam kesempatan pembukaan TOT itu pula, Ardiansyah menyampaikan bahwa pihaknya terus berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi, sebagaimana slogan Tanah Bumbu Hebat yang di dalamnya terdapat unsur inovatif, kompetitif, dan kreatifitas.

Salah satu narasumber TOT menjelaskan, kedatangan Tim Pengembangan TI ke Tanah Bumbu untuk menyukseskan program Pemkab Tanbu di bidang Teknologi Informasi.

“Tanbu punya AMC yang perlu disosialisasikan ke masyarakat. Ada banyak aplikasi yang dijalankan ke depannya. Tentunya aplikasi ini mempermudah pelayanan masyarakat,” ujarnya.[joni/mctb]


Lebih baru Lebih lama