Puting Beliung Rusak Rumah di Dua Kecamatan di Kapuas

Puting Beliung Rusak Rumah di Dua Kecamatan di Kapuas


KUALA KAPUAS, MK - Akibat terjangan angin puting beliung, Selasa (30/1/2018) kemarin, beberapa rumah di kecamatan berbeda di Kabupaten Kapuas mengalami kerusakan dan menyebabkan beberapa keluarga kehilangan tempat tinggal.

Di kecamatan Kapuas Timur, tepatnya di Desa Anjir Serapat Tengah di Handil Gardu, angin puting beliung ini merusak rumah Mujidinnur (44). Sedang di Kecamatan Kapuas Kuala, tersapat ada lima rumah yang rusak, tepatnya di desa Batanjung RT 1, RT 3 dan RT 8.

Kerusakan parah menimpa rumah milik Ardiansyah dan Asmah di RT 3, serta rumah Aini di RT 1. Sementara kondisi rumah Sulaiman dan Udin di RT 8, hanya rusak ringan.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga SH, pihaknya telah mencek dan mendata di lapangan untuk segera memberikan bantuan pada mereka yang mengalami musibah, terutama yang bisa ditempuh lewat darat dulu.


"Keadaan cuaca ekstrim dan gelombang yang tinggi serta angin kencang, menunda kita untuk memberikan bantuan ke daerah Batanjung yang harus dengan speedboat," terang Panahatan kepada metrokalimantan.com, Rabu (31/1/2018).

Sementara itu, Jenderawan ST, Kabid Pencegahan dan Kesigapan BPBD Kapuas mengatakan, sebenarnya ada satu korban yang menurut data yang diterima bukan rumah tinggal. "Tapi ini menjadi korban terpaan angin juga. Kita dan bapak kepala badan(BPBD) sementara memprioritaskan yang kehilangan tempat tunggal dulu," pungkasnya.[sapwani]

Lebih baru Lebih lama