Tingkatkan Kualitas, Dinkes Bertekad Tekan Angka Kematian Bayi

Tingkatkan Kualitas, Dinkes Bertekad Tekan Angka Kematian Bayi


BATULICIN, MK - Sikap optimistis dimiliki Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanah Bumbu dalam menatap 2018 ini. Dengan terus meningkatkan pelayanan yang berkualitas, Dinkes yakin bakal bisa menekan angka kematian pada bayi.

Target ini cukup realistis, mengingat kini Bumi Bersujud sudah memiliki sembilan Puskesmas sudah terakreditasi yang masing-masing berlokasi di sembilan kecamatan.

Menurut Kepala Dinkes Tanbu, HM Damrah S.Sos MSi, Senin (29/1/2018), dengan status akreditasi, cukup meyakinkan kepada masyarakat jika Puskesmas tersebut sudah berstandarkan nasional, baik sarana, prasarana, peralatan medis maupun sistem administrasi. 

"Untuk tahun ini ada empat Puskesmas lagi yang sedang dalam persiapan akreditasi, yaitu Puskesmas Darul Azhar,  Puskesmas Karang bintang, Puskesmas Mentewe dan Puskesmas Lasung," ungkapnya.

Pembenahan fasilitas kesehatan di Puskesmas di tujuh kecamatan juga terus dilakukan Dinkes Tanbu di 2018 ini. Sebut saja, seperti pembenahan ruangan rawat inap Puskesmas Simpang Empat, Puskesmas Kecamatan Mentewe, dan Puskesmas Giri Mulya Kecamatan Kuranji. Ketiga pembenahan Puskesmas ini dananya bersumber dari APBD.                                         
Sedangkan untuk keempat Puskesmas, yakni Puskesmas Batulicin, Puskesmas Satu Batulicin, Puskesmas Pulau Tanjung Kecamatan Kusan hilir, serta rehab ruang rawat inap Puskesmas di Kecamatan Lasung atau Kusan Hulu. Untuk keempat Puskesmas ini dananya bersumber dari DAK APBN.                                                             
"Untuk itu kami lebih optimis di tahun 2018 ini. Kami yakin bisa lebih maksimal lagi dalam menjalankan Program Indonesia Sehat. Selain itu kami juga berupaya untuk bisa menekan angka kematian pada bayi yang lahir," tutup Damrah.[joni]


Lebih baru Lebih lama