Bekali Wawasan Pilkada, Polres Kapuas Gelar Latihan Pra Operasi

Bekali Wawasan Pilkada, Polres Kapuas Gelar Latihan Pra Operasi


KUALA KAPUAS, MK - Untuk membekali anggota dalam operasi mengawal serta mengamankan jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati - Wakil Bupati Kapuas 2018, Polres Kapuas menggelar latihan pra operasi bertajuk Operasi Mantap Praja Telabang 2018.

Giat ini dilangsungkan di Gedung Kesenian Gandang Garantung, Jalan A Yani Kuala Kapuas, Senin (5/2/2018). Kegiatan yang berlangsung dari 5 hingga 7 Februari ini diikuti jajaran Polres Kapuas yang berjumlah 330 personel, baik dari Mapolres maupun Polsek di lingkungan Polres Kapuas.

Kabag Ops Polres Kapuas, Kompol Januar Kencana SIK mengatakan, kegiatan pra operasi ini memberikan petunjuk kepada para personel agar bisa memiliki acuan dalam bertugas saat proses pemilihan Bupati - Wakil Bupati Kapuas, baik saat kampanye, pemilihan, saat penghitungan suara, pengumuman, maupun sebelum pelantikan.

"Jadi mereka kita harap setelah pra operasi ini sudah tahu apa yang harus mereka lakukan," ujar Januar di sela-sela gelar pra operasi.

Penyampaian materi pada kegiatan kali ini bukan hanya dari jajaran kepolisian, namun juga ada dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panwas, Kejaksaan. Ini agar anggota polisi yang bertugas di lapangan nanti memiliki bekal tentang Pilkada.

Pada giat ini, Ketua Panwas, Iswahyudi Wibowo SH menjelaskan materi tentang Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang merupakan sentral pelaporan bila ada permasalahan pelanggaran dalam pemilihan Bupati dan  Wakil Bupati.

"Prosedur pelaporan dan lainnya, semua dijelaskan buat pedoman anggota kita," tutup Januar.[sapwani]


Lebih baru Lebih lama