Evaluasi Karateka, Lemkari Kalsel Gelar Ujian Serentak Empat Kota

Evaluasi Karateka, Lemkari Kalsel Gelar Ujian Serentak Empat Kota


BANJARMASIN, MK - Pengurus Provinsi Lemkari Kalimantan Selatan menggelar ujian sabuk penurunan kyu secara serentak di empat kota/kabupaten, tepatnya di Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar dan Hulu Sungai Tengah, Minggu (11/2/2018).

Untuk Lemkari Banjarmasin, Banjarbaru dan Banjar tempat ujian dipusatkan di Aula Transito Banjarmasin dengan jumlah peserta 344 karateka dan empat penguji.

Sedang Lemkari Hulu Sungai Tengah bertempat di GOR 24 Desember Barabai, dengan jumlah peserta 87 karateka dan dua penguji.

Para peserta terdiri sabuk putih, kuning, oranye, hijau, biru muda, biru tua, ungu dan coklat. Mereka berasal dari sejumlah ranting atau dojo yang tersebar di daerah masing-masing.

Ketua Majelis Sabuk Hitam (MSH) Lemkari Kalsel, Bambang Sugiono mengatakan, ujian kali ini memang dilaksanakan berbarengan untuk empat wilayah tersebut.

"Pada hari ini serentak empat wilayah. Sedangkan wilayah atau kota dan kabupaten lain akan dilaksanakan minggu depan masih di bulan ini juga," jelas karateka Dan III ini.


Materi ujian meliputi kihon (gerakan dasar), kata (jurus) dan kumite (pertarungan). Selain itu ada tambahan ujian tertulis khusus sabuk coklat untuk menguji pengetahuan karate.

"Sebelumnya para peserta telah mengikuti gashuku atau latihan bersama di masing-masing wilayah sebagai persiapan ujian. Materi gashuku meliputi materi ujian," jelasnya.

Harapannya, melalui ujian ini dapat menjadi evaluasi masing-masing peserta dan para pelatih. Apalagi penilaian hasil ujian langsung dibagikan agar peserta mengetahui hasil penilaian dan koreksinya.

Ditambahkan ketua panitia ujian kyu Banjarmasin, Harry Budiman, pelaksanaan ujian gabungan dengan Banjarbaru dan Banjar untuk menciptakan suasana baru.

"Kebetulan wilayahnya berdekatan jadi kami sepakati ujian kyu gabungan. Positifnya dengan seperti ini maka para peserta dapat saling silaturahim mempererat persahabatan," ujar karateka Dan III ini.[mia/rilis]


Lebih baru Lebih lama