Mantap...!, Pramuka Tanbu Dibekali Ilmu Damkar

Mantap...!, Pramuka Tanbu Dibekali Ilmu Damkar


BATULICIN, MK - Musibah kebakaran datang tanpa diketahui. Karena itu, perlu kesiapsiagaan, baik petugas dari satuan terkait maupun masyarakat. Didasari hal ini, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Tanah Bumbu melatih 500 anggota Gerakan Pramuka Kwartir Kecamatan Simpang Empat.

Mereka dilatih tentang teknik pemadaman api, tepatnya di halaman Bataliyon Infanteri Kompi Senapan B Batulicin, Sabtu (3/2/2018).

Kepala Satpol PP dan Damkar Tanbu, Ir H Riduan melalui Kabid Damkar, Muhyar mengatakan, potensi kebakaran bisa terjadi kapan pun dan di mana saja. Melalui pelatihan kepada anggota pramuka ini, tentunya akan memperkuat Satpol PP dan Damkar pada saat penanganan musibah kebakaran.

“Melalui pelatihan bersama ini diharapkan anggota pramuka siap dan sigap melakukan pemadaman pada saat terjadi kebakaran,” ungkapnya.

Dia menambahkan, kegiatan ini dimulai dari pemilihan materi dasar tentang antisipasi kebakaran dengan tujuan agar setiap anggota pramuka mengetahui cara yang tepat dalam memadamkan kobaran api.

Selain memberikan materi tentang pencegahan kebakaran, Satpol PP dan Damkar Bumi Bersujud ini juga turut mempraktekkan cara memadamkan kobaran api kepada para anggota pramuka dengan menggunakan karung goni basah.

Kegiatan ini berlanjut pada simulasi penanganan kebakaran melalui mesin portable dan nossel 1,5 inc. "Ini sekaligus menerapkan apa yang sudah kami berikan materi dasar teknik pemadamannya,” pungkasnya.[joni/mc]


Lebih baru Lebih lama