Sharing Pengalaman Hidup, Mardani Motivasi Mahasiswa

Sharing Pengalaman Hidup, Mardani Motivasi Mahasiswa


BANJARMASIN, MK - Pesan moral yang bersumber dari pengalaman hidup menjadi bahan sharing Mardani H Maming saat didaulat sebagai keynote speaker pada acara Kongres VII Forum BEM se-Kalimantan di Gedung Auditorium Universitas Islam Negeri Banjarmasin, Rabu (7/2/2018).

Pada acara yang digelar Dewan Mahasiswa UIN Antasari, 5 hingga 9 Februari 2018 ini, Mardani yang terpilih menjadi Bupati Tanah Bumbu di usia 28 tahun ini tampak memotivasi mahasiswa.

“Banyak yang bimbang dan meragukan saya waktu memutuskan untuk maju menjadi calon bupati saat itu. Namun kepercayaan masyarakat telah mampu dibuktikan dengan berkembang pesatnya Tanah Bumbu saat ini,” ujarnya.

Mardani mengingatkan kepada mahasiswa untuk selalu menghargai para pemimpin bangsa terdahulu, dari mulai Presiden Soekarno hingga presiden sekarang. Mereka masing-masing telah memiliki andil dan jasa bagi pembangunan dan perkembangan negara ini. Kesuksesan itu bermacam-macam, bisa sukses di bidang pendidikan, usaha maupun politik.

Dalam hal pedidikan, sebut Mardani, saat ini dirinya sedang menempuh pendidikan doktoral di Universitas Airlangga. Ini sebagai pembuktian kepada diri dan keluarga, bahwa Dia juga mampu sukses di bidang pendidikan dengan menyandang gelar doktor.

Mardani menambahkan, dalam hal usaha, jadilah pengusaha yang fokus dalam penguatan aspek bisnis yang ditekuni, jangan terlalu cepat melakukan ekspansi bisnis sebelum memiliki dasar yang kuat dan jangan lupa setelah berhasil, turut sertalah dalam membangun daerah.

“Mahasiswa yang hadir ini adalah calon pemimpin masa depan. Untuk bisa meraihnya, salah satunya adalah dengan partai politik. Jangan terpaku dengan warna partai, karena person itu lebih menentukan,” ujarnya.

Menurutnya, para pemuda harus mencoba sekarang. Jika tidak, anda tidak akan pernah mendapatkan pengalaman itu. Dari ketiga sukses yang ada, ada lagi satu jenis sukses yang harus dilakukan dan ini adalah sukses yang paling penting, yaitu berbakti kepada orang tua.

“Saya punya kebiasaan meminta ampun kepada orangtua, sujud tiap Jumat. Lemah lembutlah kepada mereka, karena mereka adalah kunci utama untuk mencapai sukses-sukses yang tiga itu,” tutur Mardani.

Sebelumnya, Dr Nida Mufida, Wakil Rektor III UIN Antasari yang mewakili Rektor dalam sambutannya berpesan kepada para mahasiswa agar mampu manfaatkan secara luas kesempatan yang ada dalam kegiatan ini.

“Pahami dan ingat pesan-pesan dari para keynote speaker yang hadir. Jadikanlah mereka role model, ikuti jejak positif yang telah mereka gapai, baik itu pejabat publik ataupun yang berkarir di bidang swasta,” pintanya.[mia/joni/mc]


Lebih baru Lebih lama