Lomba Desa, Giliran Desa Pandansari Dinilai Tim Evaluasi

Lomba Desa, Giliran Desa Pandansari Dinilai Tim Evaluasi


BATULICIN, MK – Penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Tanah Bumbu berlanjut ke Desa Pandansari, Selasa (13/3/2018). Desa ini sendiri merupakan pemenang tingkat Kecamatan Karang Bintang.

Desa Pandansari awalnya pemukiman transmigrasi yang ditempati sejak 1982. Sektor pertanian dan perkebunan menjadi potensi unggulan di desa ini.

Antusiasme terhadap lomba desa ditunjukan Kades Pandansari, Kabul Budiono. Dia sangat berterima kasih atas dan mendukung suksesnya penilaian lomba desa kali ini. Ini cukup terlihat dengan sambutan hangat kepada Tim Evalusai Perkembangan Desa yang datang, dengan kesenian tari dan kuda lumping dari Sanggar Seni Puspo Budoyo.

Camat Karang Bintang, Heri Kurbiansyah mengingatkan, agar kesempatan ini tidak dijadikan beban, tapi sebaliknya dijadikan semangat dalam bergotong royong di masyarakat dalam membangun desa secara bersama.

“Jangan lupa berikanlah pelayanan yang santun dan beretika kepada masyarakat,” pinta Camat.

Ia menambahkan, ada hal unik di desa ini, mengingat terdapat peraturan tidak tertulis yang mengharuskan setiap penduduk desa harus menanam sepuluh batang buah naga dan cabe di pekarangan rumahnya. Selain meningkatkan pemanfaatan ruang, juga mampu memberikan nilai ekonomis.

“Dan jangan kaget kalau nantinya desa ini bisa didaulat menjadi sentra buah naga untuk wilayah Kabupaten Tanah Bumbu,” sebut Heri.

Pada penilaian ini juga turut hadir unsur Muspika Karang Bintang, salah satunya adalah Kapolsek Karang Bintang, Ipda Jenny Rahman.[joni/mia]


Lebih baru Lebih lama