Paman Birin Semarakan Final Balogo di Tanbu

Paman Birin Semarakan Final Balogo di Tanbu


BATULICIN, MK - Bersama Forkominda Kalimantan Selatan, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor turun ke desa. Kerumunan warga Desa Batuah tampak antusias menyambut kedatangan rombongan gubernur, Sabtu (10/3/2018).

Kedatangan orang nomor satu di Bumi Antasari ini bertepatan dengan diadakannya final lomba balogo antar warga setempat. Lomba tradisional ini pun tampaknya turut mengundang kekaguman suami dari Hj Raudhatul Jannah ini.

Di mata gubernur yang akrab disapa Pan Birin ini, permainan balogo sangat khas dan unik, terlebih di zaman serba digital ini. Uniknya, permainan ini begitu semarak diikuti warga. Bahkan hampir semua lingkungan yang ada di kota Pagatan disebutkan memiliki arena permainan balogo.

"Ini menandakan perhatian masyarakat di sini cukup tinggi terhadap permainan balogo. Ini juga bentuk pelestarian budaya serta kecintaan terhadap kearifan lokal yang harus kita junjung bersama,” kata Sahbirin saat membuka final balogo se-Kabupaten Tanah Bumbu.

Sahbirin berharap permainan tradisional ini tidak punah, dan tentu harus ditularkan kepada generasi berikutnya.

Kegiatan ini juga turut dihadiri Plt Sekretaris Daerah Tanbu, Ir H Erno Rudi Handoko, Camat Kusan Hilir Dewi Murni serta sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Tanbu.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan pemberian sembako kepada sejumlah peserta PKH di Bumi Bersujud.[joni/mia]


Lebih baru Lebih lama