Pasca Dilantik, Anggota PPK Diminta segera Lakukan Koordinasi Internal

Pasca Dilantik, Anggota PPK Diminta segera Lakukan Koordinasi Internal


BATULICIN, MK - Pelantikan 30 Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2019 se-Kabupaten Tanah Bumbu digelar di Mahligai Bersujud, Kamis (8/3/2018). Kegiatan ini dihadiri Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Ir H Erno Rudy Handoko.

Pada kesempatan ini, Erno berpesan kepada seluruh anggota PPK yang dilantik untuk segera melakukan koordinasi internal, baik secara vertikal maupun horizontal. Ini penting dilakukan agar tahapan-tahapan yang telah direncanakan dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 di Tanah Bumbu dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

“Hindari terjadinya permasalahan. Senantiasa berkoordinasi dengan KPUD dan anggota PPK lainya, demi terselenggaranya pemilihan umum yang aman, nyaman, dan damai,” tutur Erno saat membacakan sambutan tertulis Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming.

Ia meminta netralitas anggota KPUD dan PPK perlu ditegakkan, mengingat netralitas merupakan modal yang sangat berharga dalam mengawal tegaknya demokrasi sebagaimana amanat UUD 1945 dan Pancasila.

Ia juga mengimbau, ketika melakukan tindakan harus selalu berpedoman pada aturan hukum yang berlaku. Hal ini dimaksudkan agar langkah dan tindakan dapat dipertanggungjawabkan, mengingat beberapa kasus pemilihan di berbagai daerah yang tidak kunjung usai disebabkan oleh kurangnya koordinasi serta kurang cermatnya dalam mengambil kebijakan.


Sementara itu, Ketua KPU Tanah Bumbu Drs H Samsani M,Hum berharap anggota PPK benar-benar melaksanakan tugas membantu KPUD dalam meminimalisir munculnya permasalahan dengan melakukan proses penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara cermat. Ini agar tidak ada lagi orang yang sudah meninggal masuk dalam DPT.

“Saat perhitungan setiap anggota PPK benar-benar melakukan dengan teliti, sehingga hasilnya selain benar-benar dapat dipertanggungjawabkan, baik secara pribadi maupun kelembagaan, serta menjadi penentu terpilihnya Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019-2023, Anggota DPD, DPR, dan anggota DPRD tahun 2019," paparnya.

Samsani juga meminta seluruh anggota PPK yang baru dilantik untuk bersungguh-sungguh dalam mempelajari dan memahami tugas dan kewenangan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pelantikan anggota PPK ini sendiri turut dihadiri Ketua Bawaslu, Forkopimda, Camat, serta beberapa Ketua Partai Politik.[joni/mia]



Lebih baru Lebih lama