Tingkatkan Akses dan Kualitas Layanan, Pemkab Salurkan Bansos Non Tunai PKH

Tingkatkan Akses dan Kualitas Layanan, Pemkab Salurkan Bansos Non Tunai PKH


BATULICIN, MK - Penyaluran bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) 2018 digelar di Kantor Camat Kuranji, Kabupaten Tanah Bumbu, Jumat (2/3/2018). Penyaluran ditandai dengan penyerahan buku tabungan dan kartu ATM Kartu Keluarga Sejahtera (KSS).

Buku tabungan dan kartu ATM KKS sendiri diserahkan langsung Wakil Bupati Tanah Bumbu, Sudian Noor kepada peserta baru penerima PKH di Bumi Bersujud.

Menurut Kepala Dinas Sosial Tanah Bumbu, Basuni, tujuan PKH untuk mengurangi angka dan memutus rantai kemiskinan antar generasi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), serta mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok paling miskin.

“Secara khusus tujuannya untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan bagi peserta PKH, meningkatkan taraf pendidikan, meningkatkan status kesehatan ibu hamil, ibu nifas, balita, dan anak prasekolah anggota keluarga penerima manfaat PKH,” papar Basuni.

Penerima PKH di Tanah Bumbu, lanjutnya, tersebar di sepuluh kecamatan. Untuk penerima PKH, terdiri dari ibu hamil, anak balita, dan anak usia sekolah di bawah 21 tahun. Kemudian juga ada penambahan komponen di bidang kesejahteraan sosial yang terdiri dari penyandang disabilitas berat dan lanjut usia di atas 70 tahun.

Basuni berharap penerima PKH dapat mempergunakan bantuan sosial ini sebaik mungkin, terutama untuk pemenuhan gizi ibu hamil dan balita, keperluan sekolah, serta untuk pemenuhan kebutuhan pokok lainnya.

Senada, Wabup Sudian berharap penerima PKH dapat memanfaatkan bantuan sosial ini dengan sebaik-baiknya, sehingga nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup.

Sementara itu, Pimpinan Cabang BRI Batulicin, Ganjar Nugraha mengatakan, bantuan sosial PKH disalurkan dalam bentuk non tunai yang dananya disimpan ke dalam tabungan dan kartu ATM KSS.

“Penerima PKH tak perlu khawatir untuk pencairan dananya, sebab bisa dicairkan melalui agen Brilink. Di Tanah Bumbu terdapat 400 agen Brilink, 1 kantor cabang, 12 kantor unit, dan 4 Teras,” pungkasnya.[mia/joni]


Lebih baru Lebih lama