Dukung HAN, Tanbu Delegasikan Aldi di FAN 2018

Dukung HAN, Tanbu Delegasikan Aldi di FAN 2018


BATULICIN, MK – Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang digelar dari 19 hingga 23 Juli di Surabaya, tampak berlangsung meriah. Ratusan pelajar dari berbagai daerah se-Indonesia yang hadir dalam Forum Anak Nasional (FAN), juga meramaikan momen HAN.

Kegiatan nasional ini sendiri dihajat oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KKPA), dalam rangka memperingati HAN 2018.

“Tanah Bumbu juga mengirimkan perwakilan di Forum Anak Nasional tahun 2018. Pelajar yang mewakili Tanbu, adalah Aldi, siswa SMKN 2 Simpang Empat yang juga merupakan pengurus Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Tanah Bumbu,” terang Muhammad Rahendra Sandi, Pendamping FAN Dinas KBP3A Tanah Bumbu, Jumat (20/7/2018).

Selain berprestasi, wakil Tanbu, Aldi juga dinilai aktif dan terlibat dalam kepengurusan FAD di Tanbu. “Aldi merupakan perwakilan dari Kabupaten Tanah Bumbu yang tergabung dalam delegasi Kalsel mengikuti FAN 2018,” ujar Sandi.

Sandi mengatakan, FAD bertugas untuk merencanakan, mempersiapkan, mengkoordinasikan, dan melaksanakan kegiatan hak-hak partisipasi anak dalam pembangunan perlindungan hak anak daerah di Tanah Bumbu.

Terkait FAN, Sandi memaparkan jika forum tersebut digelar dengan maksud untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pada anak-anak. “Kegiatan FAN ini diisi dengan diskusi terkait berbagai persoalan seperti pemenuhan hak sipil anak, hak keluarga, pendidikan, lingkungan, kesehatan, pornografi, perlindungan anak berhadapan dengan hukum, kekerasan terhadap anak, dan lainnya,” paparnya.

Keberdaan forum anak ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan wawasan anak terhadap pemenuhan hak-hak anak. Selain itu, juga diharapkan dapat mengembangkan pemikiran anak serta menjadi pelopor terhadap pemenuhan hak-hak anak di daerah.

Keikutsertaan wakil Tanbu di FAN ini mendapat support langsung Plt Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor. Beliau bahkan turut mendampingi Aldi di FAN 2018. Tentunya kehadiran Sudian menjadi bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap pemenuhan hak-hak anak di Bumi Bersujud.

Hasil diskusi FAN sendiri menjadi sebuah Suara Anak Indonesia 2018 yang akan dibacakan di hadapan Presiden RI Joko Widodo pada saat puncak Hari Anak Nasional, 23 Juli mendatang.[joni]


Lebih baru Lebih lama