Mantap..!, Aplikasi Simpel E-Kel Permudah Urusan Warga

Mantap..!, Aplikasi Simpel E-Kel Permudah Urusan Warga


BATULICIN, MK – Sosialisasikan aplikasi simpel E-Kel mulai dilakukan Kelurahan Batulicin kepada seluruh warga di sejumlah Rukun Tetangga (RT). Kegiatan ini digelar di Aula Kantor Kelurahan Batulicin, Kamis (12/7/2018).

Giat sosialisasi ini terbilang penting, mengingat sangat terkait dengan tata cara mengakses aplikasi simpel E-Kel secara online, baik menggunakan komputer maupun smartphone android.

Jenis surat yang dapat diakses secara online melalui aplikasi simpel E-Kel, tercatat ada sebelas item. Sebut saja, surat pengatar Kartu Keluarga (KK), domisili, keterangan usaha, pengantar nikah, surat pembuatan segel, keterangan kematian, pengantar akta, keterangan tidak mampu, pengantar pembuatan KTP, pengantar janda atau duda, dan keterangan belum menikah.

“Untuk sebelas macam aplikasi simpel ini dapat akses menggunakan komputer dan smartphone android, melalui Google Crome dan Mozila Firefox,” terang Lurah Batulicin, Hendro Satria Rahmatullah S.STP.

Hendro mengatakan, tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada seluruh perangkat desa yang ada di Kelurahan Batulicin tentang cara mengakses secara online dan menggunakan aplikasi simpel E-kel.

Aplikasi ini bertujuan agar masyarakat dapat mengurus segala macam bentuk dokumen surat lebih mudah cepat dan efisien. Salah satu contoh, yakni pembuatan segel, di mana kini hanya dibutuhkan waktu tiga hari selesai, apabila semua persyaratan terpenuhi.

Menurutnya, aplikasi simpel akan terintegrasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk pembuatan EKTP, KIA, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga tanpa harus ke kantor Disdukcapil, lantaran cukup dengan aplikasi Simpel E-Kel beritegrasi dengan aplikasi SIPAKDE Dokterumantis yang digunakan Disdukcapil.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Gento Haryadi SP mengaku sangat mengapresiasi sosialisasi simpel E-Kel ini. Apalagi bertujuan agar masyarakat mengetahui informasi aplikasi Simpel E-Kel, sehingga masyarakat tidak lagi bolak balik untuk urusan dokumen kependudukan.

Sosialisasi ini sendiri dihadiri oleh Lurah Batulicin, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil, para RT, Warga Masyarakat, Polmas, Babinsa di wilayah Kelurahan Batulicin.[joni]


Lebih baru Lebih lama