Berbagai Lomba Meriahkan HAN dan Pengukuhan Dua FAD Kecamatan

Berbagai Lomba Meriahkan HAN dan Pengukuhan Dua FAD Kecamatan


BATULICIN, MK – Bekerjasama dengan Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Tanah Bumbu, Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) menggelar sejumlah perlombaan anak di Gedung Mahligai Bersujud Kapet Batulicin, Minggu (5/8/2018) pagi.

Perlombaan anak se-Bumi Bersujud ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional (HAN) 2018. Lomba yang digelar, antara lain baca puisi tingkat pelajar SMP sederajat, lomba adzan tingkat pelajar SD sederajat dan lomba mewarnai tingkat TK.

Acara dibuka secara resmi Plt Bupati Tanah Bumbu, Sudian Noor, dan dihadiri Ketua TP PKK Hj Sadariah, Anggota DPRD, Pejabat SKPD, camat dan pengurus FAD Kabupaten Tanah Bumbu serta ratusan anak-anak pelajar setingkat TK, SD dan SMP peserta lomba.

Ketua panitia pelaksana yang sekaligus Ketua FAD Tanah Bumbu, Aldi Munandar, dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu apaya untuk mentradisikan peringatan HAN di daerah, sekaligus untuk mensosialisasikan pembentukan FAD di setiap kecamatan di Tanah Bumbu.

"Dalam upaya pemenuhan hak sipil anak, kita harus membentuk FAD di tingkat kecamatan dan kabupaten, sehingga terbentuk satu wadah yang bisa menjamin tumbuh kembang anak yang lebih baik,” terangnya.

Menurut Aldi, selain menggelar sejumlah pelombaan anak, seperti lomba azan, baca puisi dan lomba mewarnai, acara tersebut juga dirangkai dengan pengukuhan FAD tingkat kecamatan.

Di momen ini, Plt Bupati Sudian dalam mengaku menyambut baik pelaksanaan rangkaian kegiatan ini untuk memeriahkan HAN 2018.

Itu karena kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan agar seluruh komponen bangsa dapat bersama-sama mewujudkan kesejahteraan anak dengan menghormati dan memberikan jaminan terhadap hak-hak anak.

“Pemenuhan hak-hak anak adalah tanggung jawab pemerintah, masyarakat, keluarga serta orang tua dalam upaya melidungi dan menumbuhkembangkan potensi anak sesuai dengan minat serta bakatnya,” kata Sudian.

Oleh sebab itu, Sudian mengimbau kepada seluruh unsur yang terlibat, agar dapat bahu-membahu dalam mendorong tumbuh kembang anak ke arah yang lebih baik, yakni dengan cara membekali mereka dengan keimanan, kepribadian, kecerdasan serta keterampilan dan kesegaran jasmani.

Dalam upaya pemenuhan hak anak di Kabupaten Tanah Bumbu, labjutnya, pemerintah daerah saat ini telah mengoptimalkan pembuatan Kartu Indentitas Anak (KIA).

“Dengan KIA anak-anak kita memiliki indentitas yang jelas, sehingga memudahkan mereka dalam setiap urusan administrasi kependudukannya yang juga berujung kepada masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Sudian juga mengukuhkan FAD Kecamatan Batulicin dan FAD Kecamatan Simpang Empat masa bhakti 2018-2020.[joni]


Lebih baru Lebih lama