Jelang HUT Kemerdekaan, 37 Personel Paskibraka Tanbu Mulai Jalani Diklat

Jelang HUT Kemerdekaan, 37 Personel Paskibraka Tanbu Mulai Jalani Diklat


BATULICIN, MK – Pendidikan dan pelatihan (Diklat) mulai dijalani personel Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Tanah Bumbu di halaman Mahligai Bersujud, Kecamatan Simpang Empat, Kamis (2/8/2018).

Mereka dipersiapkan untuk mengibarkan bendera Merah Putih di Hari Proklamasi Ke-73 Republik Indonesia, 17 Agustus 2018. Di hari pertama Diklat ini, personel Paskibraka menerima materi pengenalan diri dan baris berbaris.

Pembina Paskibra Angkatan XV, Ratna Juwita mengatakan, peserta Diklat merupakan pelajar terbaik di sekolahnya masing-masing yang telah lolos seleksi Paskibraka.

“Peserta Diklat berasal dari SMA/Sederajat se-Tanah Bumbu. Mereka yang mengikuti Diklat ini adalah pelajar terbaik yang lolos seleksi Paskibraka pada bulan April 2018 yang lalu,” sebut pembina dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanah Bumbu ini.

Menurutnya, Diklat ini sangat penting dilaksanakan untuk membentuk karakter Paskibraka yang tangguh, disiplin, dan cinta Tanah Air.

Ia menambahkan, para personel Paskibraka akan menjalani Diklat selama 18 hari, mulai 1 hingga 18 Agustus 2018 di halaman Mahligai Bersujud.

“Selama dua pekan mereka akan menerima materi Diklat seperti baris berbaris formasi paskibraka, wawasan keagamaan, pembinaan fisik dan mental, disiplin, dan pembentukan karakter cinta NKRI,” jelasnya.

Tujuan Diklat Paskibraka, lanjutnya, untuk menanamkan nilai luhur Proklamasi Kemerdekaan RI, cinta Tanah Air, serta sebagai persiapan melaksanakan pengibaran bendera pada HUT Proklamasi Kemerdekaan Ke-73 di Tanah Bumbu.

“Harapannya dengan Diklat ini, pelajar yang tergabung dalam Paskibraka dapat melaksanakan tugasnya dengan terampil, sehingga pelaksanaan HUT Proklamasi berjalan dengan sukses dan lancar,” ucapnya.

Peserta Diklat Paskibraka angkatan ke-15 Tahun 2018 ini berjumlah sebanyak 37 orang, terdiri dari 20 laki-laki dan 17 perempuan. Para pelatih sendiri berasal dari Kodim 1022 Tanah Bumbu sebanyak 2 orang dan Polres Tanbu sebanyak 2 orang.

Sebelumnya, Rabu (1/8/2018) bertempat di Gedung Sekretariat TP PKK Tanah Bumbu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanah Bumbu, Hamaluddin Taher secara resmi membuka Diklat Paskibraka Angkatan ke-15.
Pembukaan Diklat Paskibraka ditandai dengan penyerahan atribut kepada peserta Diklat.

Dalam sambutannya, Hamaluddin mengajak peserta Diklat Paskibra untuk bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan agar pelaksanaan pengibaran bendera pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI terlaksana dengan baik dan lancar.

“Ikutilah pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, jaga kekompakan, dan jaga kesehatan selama menjalani Diklat Paskibraka,” pesan Hamaluddin.[joni]


Lebih baru Lebih lama