Ringankan Warga Jelang Idul Adha, Pemkab Tanbu Gelar Pasar Murah

Ringankan Warga Jelang Idul Adha, Pemkab Tanbu Gelar Pasar Murah


BATULICIN, MK – Bukan hanya menjelang di momen bulan puasa Ramadan dan Idul Fitri, Pemerintan Kabupaten Tanah Bumbu juga menggelar aksi sosial berupa pasar murah untuk masyarakat saat menjelang perayaan Idul Adha 1439 H/2018 M.

Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) Tanah Bumbu, Avian Noor melalui Kabid Perdagangan, Heriansyah mengatakan, pasar murah menjelang Hari Besar Keagamaan seperti Idul Adja dilaksanakan dalam rangka membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Menurut Heriansyah, kegiatan pasar murah juga sebagai upaya pengendalian stabilitas harga bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah.

“Kegiatan pasar murah terlaksana atas kerjasama Disdagri dengan Pemerintah Kecamatan dan TP PKK,” ungkap Heriansyah saat pembukaan pasar murah di Desa Karang Rejo Kecamatan Karang Bintang, Senin (7/8/2018).

Untuk pasar murah ini, Pemkab Tanbu melalui Disdagri menjadwalkan kegiatan di empat kecamatan, yakni Desa Karang Rejo Kecamatan Karang Bintang pada 7 Agustus, Desa Sari Mulya Kecamatan Mentewe 8 Agustus, Desa Wonorejo Kecamatan Kusan Hulu 9 Agustus, dan Desa Kuranji Kecamatan Kuranji 10 Agustus 2018.

Sementara itu, Camat Karang Bintang, Heri Kurbiansyah saat membuka kegiatan pasar murah di Desa Karang Rejo mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan pasar murah, apalagi dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Adha.

“Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada pihak pemerintah daerah, Disdagri, TP PKK dan semua pihak yang menunjuk Kecamatan Karang Bintang, khususnya Desa Karang Rejo menjadi tempat dilaksanakannya pasar murah. Ini tentunya dapat membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan pokok dengan harga murah dan terjangkau menjelang Hari Raya Idul Adha,” katanya.

Menurut Heri, kegiatan pasar murah sangat bermanfaat bagi masyarakat berpenghasilan rendah, sebab barang kebutuhan pokok yang dijual lebih murah dari harga di pasaran yang selisih harganya mencapai Rp5.000 sampai Rp10.000.

Dari pantauan di lapangan, kegiatan pasar murah dibuka pukul 09.30 Wita oleh Camat Karang Bintang, Heri Kurbiansyah. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sembako gratis kepada tiga orang warga kurang mampu.

Paket sembako diserahkan langsung Plt Ketua TP PKK Tanbu, Hj Sadariah, Ketua DWP Tanbu Mulyawati, dan Ketua TP PKK Kecamatan Karang Bintang.

Usai dibuka secara resmi, warga masyarakat pun menyerbu stand-stand yang menyediakan bahan kebutuhan pokok dengan harga murah dan terjangkau. Bahan kebutuhan pokok yang paling diminati warga di antaranya gula pasir, minyak goreng, beras, mie goreng, teh celup, dan lainnya.

Kegiatan pasar murah terselenggara dengan melibatkan TP PKK, DWP, GOW, Dinas Ketahanan Pangan, Bulog Batulicin, PT Kalimas Karisma (Wings Fod), PT Nestle, dan TP PKK Desa Karang Rejo.[joni]


Lebih baru Lebih lama