Penuhi Kriteria, Desa Batulicin Irigasi Diproyeksikan Jadi Kampung Iklim

Penuhi Kriteria, Desa Batulicin Irigasi Diproyeksikan Jadi Kampung Iklim

BATULICIN, MK - Program Kampung Iklim (Proklim) di Kabupaten Tanah Bumbu, tampaknya segera diwujudkan di Desa Batulicin Irigasi. Ini karena, desa ini dinilai memenuhi kriteria yang telah ditentukan Kementerian Lingkungan Hidup.

Bahkan Sabtu (24/11/2018) lalu, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan juga telah mengunjungi Desa Batulicin Irigasi untuk melakukan survei dan melihat langsung Kampung Iklim di Tanah Bumbu.

Kunjungan yang turut diikuti utusan PT Tunas Inti Abadi dan PT Borneo Indobara tersebut, juga terkait dengan rencana didaftarkannya Desa tersebut ke dalam Proklim.

Kepala DLH Tanbu, Rahmat Prapto Udoyo mengungkapkan, Desa Batulicin Irigasi telah memenuhi kriteria upaya adaptasi maupun mitigasi terhadap perubahan iklim selama lebih dari dua tahun, sebagaimana disyaratkan dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang Kampung Iklim.

"Kami berharap ke depannya program Kampung Iklim ini dapat dijalankan di tiap Desa dan Kelurahan di Tanah Bumbu," harapnya.

Melalui Proklim, lanjut Rahmat, diharapkan dapat mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi GRK.

Terkait Kampung Iklim ini, nantinya pemerintah akan memberikan penghargaan terhadap masyarakat di lokasi tertentu yang telah melaksanakan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan.

Sebagai contoh adaptasi, seperti peningkatan ketahanan pangan, pembuatan aturan yang bertujuan mempertahankan kualitas dan kuantitas mata air. Sedangkan contoh mitigasi dengan pengomposan atau pemanfaatan biogas.

Proklim sendiri merupakan program berlingkup nasional yang dikelola Kementerian Lingkungan Hidup untuk mendorong masyarakat melakukan peningkatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca (GRK)m

Kampung iklim ini berfungsi membuat lingkungan bersih, nyaman, hijau dan bebas banjir. Selain itu, diharapkan mampu mengelola lingkungan serta meningkatkan ekonomi masyarakat.[joni]


Lebih baru Lebih lama