Hadapi Cuaca Ekstrim, BPBD Tanbu Segera Gelar Rakor

Hadapi Cuaca Ekstrim, BPBD Tanbu Segera Gelar Rakor

BATULICIN, MK - Cuaca ekstrim kini mulai menerpa di sejumlah kawasan di Kalimantan Selatan. Tak terkecuali di sejumlah titik di Kabupaten Tanah Bumbu.

Alhasil, hujan deras disertai angin kencang berefek pada bencana banjir. Langkah antisipatif tentu harus dilakukan untuk mencegah kemungkinan terburuk terjadi. Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanbu siap siaga.

Kepala BPBD Tanah Bumbu, Eryanto Rais SH MM, Jumat (14/12/2018) mengungkapkan, untuk mengantisipasi bencana alam, dalam waktu segera pihaknya melakukan rapat koordinasi (Rakor) pada Senin, 17 Desember 2018.

"Kami akan melaksanakan rakor antisipasi bencana banjir. Apalagi biasanya banjir juga disertai angin puting beliung, serta longsor. Rakor melibatkan stakeholder, termasuk pihak perusahaan," tutur Eryanto.

Eryanto Juga berpesan kepada masyarakat agar selalu waspada menghadapi musim hujan, mengingat kondisi ini bisa menimbulkan bencana banjir seperti halnya tahun dulu.

"Apalagi kali ini angin kencang, sehingga rawan menyebabkan terjadinya angin puting beliung," imbuhnya.

BPBD Tanbu juga meminta masyarakat  untuk menghindari daerah sekitar aliran air sungai yang cukup deras. "Berusahalah untuk ke tempat lebih tinggi, saat ada luapan air yang lebih besar. Masyarakat juga segera menghubungi Ketua RT, dan camat setempat," pinta Eryanto.[joni]


Lebih baru Lebih lama