Jemput Bola, Kades Ini Rela Layani Ibu Hamil dan Orang Sakit di Rumah

Jemput Bola, Kades Ini Rela Layani Ibu Hamil dan Orang Sakit di Rumah

BATULICIN, MK - Ibu hamil yang segera melahirkan kini bisa bernapas lega dengan kebijakan jemput bola yang digalakkan Kepala Desa Bersujud, Taufik Rahman SH.

Disebut jemput bola, lantaran orang nomor satu di Desa Bersujud ini rela bertandang ke rumah warga yang ingin melahirkan untuk memberikan pelayanan bersama dokter atau bidan Puskesdes.

"Ibu hamil yang mau melahirkan dan tak sempat untuk ke rumah sakit atau ke Puskesdes, tak perlu khawatir lagi. Kami siap mendatangi ibu yang mau melahirkan dengan membawakan bidan, asalkan lapor RT," terang Taufik, Senin (10/12/2018).

Taufik mengungkapkan, program "jemput bola" ini sudah bergulir sekitar tujuh bulan. Sebelum memberikan pelayanan ke rumah, ibu hamil tetap diimbau untuk melahirkan langsung di Puskesdes.

"Sudah banyak ibu yang melahirkan saya bantu, bahkan setelah melahirkan saya kasih paket perlengkapan bayi. Saya berharap ibu hamil tetap ke Puskesdes, dan kalau masalah biaya biasa dari desa," jelasnya.

Untuk pelayanan kesehatan ini, Desa Bersujud bekerjasama dengan Puskesmas Darul Azhar. Untuk memperlancar pelayanan ini, manajemen desa meminta warga untuk memberitahukan lebih dulu kepada Ketua RT.

Bukan hanya ibu hamil, pelayanan kesehatan ini juga diberikan kepada warga yang sakit. "Warga yang sakit juga dilayani. Asal lapor ke RT-nya, tentu akan saya didatangi dengan membawakan dokter," imbuhnya.

"Apabila dokternya tidak sibuk atau istirahat, dokternya saya ajak langsung untuk mendatangi orang sakit ke rumahnya. Setelah diperiksa, namun harus ke rumah sakit, kami akan antar dan masalah biaya desa yang menanggung," pungkas Taufik.[joni]



Lebih baru Lebih lama