Pelatihan Pengemasan dan Pemasaran Produk Bank Kalsel Pacu Pelaku UMKM untuk Berkembang

Pelatihan Pengemasan dan Pemasaran Produk Bank Kalsel Pacu Pelaku UMKM untuk Berkembang

BARABAI, MK - Pelatihan pengemasan dan pemasaran produk digelar Bank Kalsel Unit Birayang di Aula Kantor Kecamatan Batang Alai Selatan. Kegiatan edukasi ini sendiri dibuka Plt Camat Eddy Rahmawan SSTP MM, Kamis (13/12/2018).

Pada momen ini, Eddy mengaku sangat mengapresiasi kerjasama pelaksanaan ini. Apalagi kegiatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM, terutama Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Kelurahan Birayang.

“Semoga UP2K ini bisa menjadi role model bagi desa-desa di wilayah Kecamatan Batang Alai Selatan, dan diikuti pembentukannya dengan memanfaatkan Dana Desa. Ke depan tentunya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian desa,” paparnya.

Pada kegiatan yang dilangsungkan untuk memeriahkan Hari Jadi ke-59 HST ini, juga dilakukan sosialisasi produk perbankan oleh Bank Kalsel. Untuk pemaparan produk Bank Kalsel ini diberikan oleh Rizali Rahman dari Kantor Cabang Barabai.

Selain layanan penyimpanan dana dan penyaluran kredit, Rizali juga memberikan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua melalui Samsat Payment Point, penerimaan setoran pajak, setoran PBB, penerimaan setoran iuran sekolah/kuliah, pembayaran tagihan PDAM (seluruh kabupaten/kota).

Bukan hanya itu, juga dipaparkan tentang pembayaran tagihan listrik (PLN), pembayaran tagihan Telkom, pembayaran tagihan kartu Pasca Bayar (Halo Telkomsel dan XL Postpaid), pembayaran tagihan TV Kabel (TransVision dan Indovision/Yes TV/Oke TV), Pembelian Voucher (XL, Telkomsel dan Three), dan layanan pembayaran tagihan kartu kredit bank lain.

Sementara itu, untuk materi pelatihan pengemasan dan pemasaran produk UMKM dipaparkan Rizali Anshar SST MM LM NLP. Rizali sendiri merupakan entrepreneur berpengalaman sekaligus Ketua Asosiasi UKM Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Di momen ini, Rizali Anshar memberikan motivasi dalam berusaha, memanfaatkan strategi pemasaran produk 4.0, di mana menjabarkan tentang copy writing, interaksi, aktivasi beberapa media, foto aktivitas usaha, testimony, desain, google business, google maps, promosi offline, dan kemitraan.

“Saya berterimakasih kepada Bank Kalsel, terutama Unit Birayang yang memberikan pengetahuan, baik produk bank maupun bagaimana pelaku usaha mikro dapat berkembang lebih baik di masa akan datang dengan mengikuti pelatihan pengemasan dan pemasaran produk UMKM,” timpal Amperawati, salah satu peserta pelatihan.

Pelatihan ini diharapkan Amperawati dapat memacu pelaku UMKM untuk berkembang dan besar bersama Bank Kalsel, dan masyarakat umum juga dapat terlayani dengan layanan Bank Kalsel.[mia/adv]


Lebih baru Lebih lama