Realisasikan Program Pemkab HSS, Bank Kalsel Support Workshop Sasirangan

Realisasikan Program Pemkab HSS, Bank Kalsel Support Workshop Sasirangan

KANDANGAN, MK – Mengangkat tema “Bergerak bersama mengembangkan potensi daerah”, workshop sasirangan resmi dibuka Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Drs H Achmad Fikry MAP, Rabu (26/12/2018).

Dalam sambutannya Fikry mengatakan, kendati workshop sasirangan ini sangat singkat, tetap diharapkan bisa mendorong peserta menjadi pengrajin sasirangan yang sukses.

“Ini sejalan dengan program lima tahun ke depan untuk menumbuhkembangkan kewirausahaan,” jelasnya.

Menurut Fikry, sasirangan ini pangsa pasarnya sangat terbuka. Apalagi pegawai dan anak sekolah kini diwajibkan memakai sasirangan setiap Kamis.

“Jadi apabila di HSS sudah banyak pengrajin sasirangan, kami intruksikan pegawai dan pelajar tidak membeli sasirangan printing, tetapi membeli sasirangan produk daerah dengan kualitas tetap terjaga dan disertakan dengan motif-motif khas HSS seperti ketupat,” imbaunya.

Fikry berharap kepada ibu-ibu untuk bisa menciptakan usaha rumahan guna menghasilkan tambahan pendapatan bagi keluarga. Jika usaha rumahannya menjadi besar, tentunya bisa menampung tenaga kerja yang lain.

“Sepanjang kualitasnya dapat bersaing, para Aparatur Sipil Negara lingkup HSS melalui Dinas Perindagkop dan UKM diharuskan memakai produk sasirangan hasil pengrajin yang ada di Hulu Sungai Selatan,” jelasnya.

Workshop yang merupakan buah kerjasama dengan Bank Kalsel ini, sejatinya harus dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta untuk mengasah kemampuan dalam membuat kain sasirangan.

“Mudah-mudahan memperoleh hasil yang kita banggakan, serta selalu mendorong dan mensupport kegiatan ini agar produk sasirangan bisa membanggakan dan dipakai semua orang,” pungkasnya.

Opening ceremony workshop ini turut dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian, Drs Sasmi Rifani MAP, Pimpinan Bank Kalsel Cabang Kandangan, Andhy Andriawan, Ketua TP PKK HSS, Hj Isnaniah Achmad Fikry, Wakil Ketua I TP PKK HSS, Srie Astuti Syamsuri SKM, para ketua organisasi wanita se-HSS.[mia/rilis]


Lebih baru Lebih lama