BPPSDMP Dirikan Posko #SERASI di Lokasi Pilot Project

BPPSDMP Dirikan Posko #SERASI di Lokasi Pilot Project

MARTAPURA, MK – Langkah penyiapan program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) dilakukan Badan Penyuluh dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) di Desa Tajau Ladung, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Sabtu (5/1/2019).

Sebagai rencana tindak lanjut, BPPSDMP akan melakukan proses bisnis mini Kelompok Usaha Bersama (KUB). Sedang untuk langkah strategis, di antaranya akan didirikan posko Serasi.

“Untuk output akan dilakukan proses bisnis mini KUB berbasis Poktan, Gapoktan dan UPJA,” ungkap Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si.

Yulia memaparkan, untuk langkah strategis akan didirikan posko #Serasi BPPSDMP di lokasi pilot project. Kemudian menyiapkan data kelembagaan petani di Desa Telang Rejo (Kabupaten Banyuasin), Desa Tajau Landung dan Keliling Benteng Ilir (Kabupaten Banjar).

Bukan hanya itu, langkah strategis tersebut juga dilakukan dengan mengindentifikasi kelembagaan petani seperti Poktan, Gapoktan, UPJA, dan KWT di Desa Telang Rejo, Desa Tajau Landung dan Keliling Benteng.

“Untuk poin ketiga ini dengan catatan, yaitu mendata calon petani milenial antara lain pemuda/petani muda, operator, buruh tani/penggarap yang belum menjadi anggota Poktan dimasukkan ke dalam Poktan, serta mendata potensi usaha tani selain padi di masing-masing Poktan,” bebernya.

Langkah strategis lainnya, lanjut Yulia, yakni menginventarisasi alat dan mesin pertanian di Poktan, Gapoktan, UPJA dan Brigade, termasuk identifikasi operator TR4, CH, RMU dan escavator (status kepemilikan).

Selanjutnya, menganalisis pengelolaan Alsintan (alat olah dan alat panen) dan pengelolaan usaha tani (termasuk off-farm). Juga membuat SOP pola pengelolaan Alsintan,  merumuskan proses bisnis dan menyusun SOP pembentukan KUB, serta menetapkan calon peserta pelatihan escavator dan combine harvester, dan waktu pelatihan di minggu ketiga Januari.

Untuk langkah strategis di tingkat provinsi, dilakukan lima rencana tindak lanjut, seperti mengidentifikasi lokasi program Serasi tingkat kabupaten dan kecamatan, dan mengidentifikasi kelembagaan petani dan petani di program Serasi.

Juga merumuskan sosialisasi SERASI tingkat provinsi. “Untuk sosialisasi Serasi di tingkat provinsi ini mulai dari camat, kepala desa dan kepala BPP lokasi Serasi,” jelasnya.

Selan itu, langkah strategis tingkat provinsi dengan mengidentifikasi pendamping dari provinsi dan kabupaten, dan terakhir mengidentifikasi petani milenial.

“Untuk identifikasi petani milenial ini, terdiri dari anggota Poktan lokasi Serasi, Gempita, pondok pesantren, lulusan perguruan tinggi-SMKPP,” pungkasnya.[bayu/mia]


Berikut Tim BPPSDMP

Tim Khusus Sumatera Selatan
1.Sekretaris Badan (14.00)
2.Kapus Diktan (17.00)
3.Kapus Luhtan (17.00)
4.Kepala BPP Lampung (19.30)
5.Kepala SMKPP Sembawa

Tim Lapangan
1.Zahron Helmi (17.00)
2.Siti Nur Jannah (17.00)
3.Suwarna (17.00)
4.Acep Hariri (14.00)
5.Eka (04/01/18 06.00)
6.Ismaya (19.00)

Tim Kalimantan Selatan
1.Zuroqi Mubaroq (04/01/19)
2.Kepala BBPP Binuang
3.Kepala SMKPP Banjarbaru
4.Sri Mulyani
5.Sri puji Rahayu
6.Yudi
7.Yoyon
8.Toni Nugraha


Lebih baru Lebih lama