Banyak Jalan Rusak, Truk Angkutan Diminta tak Lebihi Kapasitas

Banyak Jalan Rusak, Truk Angkutan Diminta tak Lebihi Kapasitas

BATULICIN, MK - Jika tak ada aral, dalam waktu dekat jalan poros antar kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu yang kondisinya kini memprihatinkan sekaligus berpotensi membahayakan pengguna jalan, segera diperbaiki.

Di antara jalan yang tampak rusak ataupun berlubang itu ada di Kecamatan Satui, Sungai Loban, Kusan Hulu dan Karang Bintang. Jalan di kawasan ini tentunya juga masuk dalam area jalan poros kabupaten.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tanbu, H Ansyari Firdaus S.Hut melalui Kasi Jalan Bidang Bina Marga, Anwari Dalmi M.Sos, Rabu (16/1/2019) mengatakan, pihaknya akan melakukan perbaikan terhadap jalan poros yang berlubang.

"Tak semuanya diperbaiki, karena dananya terbatas. Mungkin ini hanya jalan poros antar kecamatan saja yang harus kami benahi, dengan melakukan perawatan jalan khususnya jalan kabupaten," terangnya.

Menurut Anwari, pihaknya juga harus mengantisipasi kemungkinan jalan yang bakal mengalami kerusakan. Untuk itu, kepada perusahaan maupun pemilik mobil angkutan berat diminta untuk tidak melebihi kapasitas angkutan.

"Kami meminta kepada perusahan-perusahan dan juga masyarakat agar mobil tidak melebihi kapasitas muatan, terutama truk," jelasnya. 

Cukup realistis, mengingat di wilayah Karang Bintang angkutan seperti truk sawit atau truk CPO tampak seperti melebihi muatan. 

"Semoga komunikasi antar instansi, terkait penanganan jalan semakin intens, terutama Dinas Perhubungan dan Polantas, sehingga mobil angkutan yang melintas dapat selalu dipantau. Ini guna meminimalisir kerusakan jalan," harapnya.[joni]


Lebih baru Lebih lama