Kalsel Ditunjuk Jadi Pilot Project Serasi

Kalsel Ditunjuk Jadi Pilot Project Serasi

MARTAPURA, MK - Kerja keras untuk turut meningkatkan indeks pertanaman (IP) harus dilakukan pelaku pertanian di Kalimantan Selatan. Ini karena, Kalsel ditunjuk sebagai pilot project program Serasi.

Serasi sendiri merupakan akronim dari Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani. Selain Kalsel, Sumatera Selatan juga menjadi provinsi yang dipercaya menjadi pilot project dari program Serasi ini.

Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si, Sabtu (5/1/2019) mengungkapkan, Provinsi Kalimantan Selatan dan Sumatera Selatan ditunjuk sebagai pilot project Serasi.

"Untuk pilot project ini, Kalimantan Selatan dan Sumateta Selatan mendapat target seluas 310.000 hektare, terdiri dari lahan pasang surut 300.000 hektare dan rawa lebak 10.000 hektare," jelasnya.

Menurut Yulia, program Serasi ini digulirkan untuk mendorong kesejahteraan petani melalui korporasi. Program ini juga direncanakan akan mampu meningkatkan Indeks Pertanaman (IP).

"Selain padi, kegiatan Serasi juga ditujukan untuk tanaman hortikultura, ternak dan ikan. Pematang rawanya dapat ditanami bayam, sawi cabe dan lain-lain. Juga dapat dimanfaatkan untuk peternakan ayam bebek dan budidaya ikan," jelasnya.

Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. "Jadi kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani," pungkasnya.

Untuk Tim Kalsel sendiri beranggotakan Zaroki Mubarok, Kepala BBPP Binuang, Kepala SMKPP Banjarbaru, Sri Mulyani, Sri Puji Rahayu, Yudi, Yoyon dan Toni Nugraha.[bayu/mia]


Lebih baru Lebih lama