Waspada Demam Berdarah, Dinkes Tanbu Minta Puskesmas Ingatkan Warga tentang DBD

Waspada Demam Berdarah, Dinkes Tanbu Minta Puskesmas Ingatkan Warga tentang DBD


BATULICIN, MK - Imbauan akan kewaspadaan terhadap Demam Berdarah Dengue (DBD), sejatinya gencar dilakukan otoritas kesehatan. Apalagi saat ini kasus DBD terdengar marak di masyarakat. Pun demikian di Tanah Bumbu.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanbu, Dr H Dambrah S.Sos M.Si, Selasa (29/01/2019) meminta kepada petugas Puskemas di Bumi Bersujud untuk memberikan imbauan kepada masyaratnya untuk waspada terhadap penyakit demam berdarah.
"Saya minta agar Puskesmas lainnya juga mengeluarkan surat imbauan, seperti yang dilakukan Puskesmas Binawara, Kecamatan Kusan Hulu. Karena mencegah itu lebih baik sebelum terjadi," jelasnya.
Dambrah juga mengapresiasi positif para doktor umum yang telah menyampaikan kepada masyarakat agar menjalankan 3M Plus, terutama pada saat musim hujan.
"Penting untuk menguras tempat penampungan air, seperti bak mandi tiap pekan, menutup rapat tempat penampungan air, dan membersihkan tempat-tempat kotor dari bak air," tutur Dambrah.
Agar kewaspadaan terhadap DBD ini diketahui secara merata di masyarakat, Dinkes meminta agar semua Puskesmas di Tanbu mengeluarkan surat imbauan dan mengumumkan kepada masyarakat tentang bahaya beserta langkah antisipasinya.
"Kasus demam berdarah dalam beberapa pekan terakhir, marak terjadi di sejumlah daerah. Karena itulah saya sangat mendukung imbauan dari para doktor, karena kesehatan masyarakat itu uga menjadi tanggung jawab bersama," pungkasnya.[joni]
Lebih baru Lebih lama