Hore...!, Jalan di Dua Desa Ini Diaspal

Hore...!, Jalan di Dua Desa Ini Diaspal

BATULICIN, MK - Masyarakat Desa Binawara dan Desa Manuntung, Kecamatan Kusan Hulu kini bisa beraktivitas dengan lancar dan nyaman. Itu karena jalan sepanjang 6 Kilometer yang melintasi desa mereka kini tengah diperbaiki sekaligus diaspal.
Jalan dengan lebar 4,5 meter ini sendiri kabarnya sudah lama diusulkan untuk diaspal. Hanya saja, baru saat ini bisa direalisasikan pemerintah.
"Jalan ini sudah lama diusulkan Pemkab melalui Dinas PUPR ke Pemerintah Pusat," ungkap Kasi Jalan Bidang Bina Marga Dinas PUPR Tanah Bumbu, Anwari Dalmi M.Sos, Jumat (8/2/2019).
Menurut Anwari, pekerjaan pengaspalan ini menelan anggaran Rp11 miliar, tepatnya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).
Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu, H Rooswandi Salem mengatakan, Jalan Binawara, Lasung itu merupakan proyek prioritas pemerintah Tanah Bumbu. Ini juga masuk dalam strategi besar infrastuktur jalan kabupaten.
"Kami prioritaskan masuk dalam usulan Pemda ke Pusat melalui dana DAK. Program ini juga sudah menjadi prioritas pemerintah sejak masa Bupati Mardani H Maming," ungkap Rooswandi.
Usulan yang sudah beberapa tahun ini terkonsep dalam masterplan. Jalan ini juga menjadi program pemerintah yang sudah direncanakan jauh-jauh hari.
"Hanya saja pelaksanaannya bertahap sesuai keuangan daerah dan APBN," imbuh Rooswandi.
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Tanbu ini juga memaparkan, Pemkab telah memetakan seluruh data infrastruktur jalan se-kabupaten, dan data itu ada di Dinas PUPR.
"Tahun ini kita mengarahkan prioritas pembangunan di beberapa kecamatan, salah satunya adalah Kecamatan Kusan Hulu. Ini agar pembangunan di Kusan Hulu lebih baik," terangnya.
Pemkab Tanbu, lanjut Rooswandi, juga sudah merencanakan beberapa kegiatan infrastruktur lain, beberapa lokasi di Kusan Hulu yang nanti juga akan diproses penganggaran dan hal lainnya.
"Saya berharap arah pembangunan ke Kusan Hulu dan beberapa kecamatan lainnya yang belum optimal dapat segera kita maksimalkan," tandasnya.
Camat Kusan Hulu, Herlambang menambahkan, masyarakat di daerahnya mengucapkan terima kasih atas adanya proyek pengaspalan di 2019 ini.
"Karena adanya jalan yang bagus, nantinya warga bisa dengan mudah melalui jalan ini," pungkasnya.[joni]
Lebih baru Lebih lama