Lagi, BBPP Binuang Gelar Bimtek Manajemen Kelompok Tani di Kabupaten Banjar

Lagi, BBPP Binuang Gelar Bimtek Manajemen Kelompok Tani di Kabupaten Banjar

MARTAPURA, MK - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen kelompok tani. Kali ini, Sabtu (23/2/2019), Bimtek masih dilangsungkan di Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Martapura Barat, Kabupaten Banjar.
Bimtek ini sendiri diikuti 30 peserta dari perwakilan petani #Milenial asal Kecamatan Martapura Barat dan Kecamatan Sungai Tabuk.
Widyaiswara, Toni Nugraha S.ST, M.I.Kom mengungkapkan, Bimtek manajemen kelompok tani ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas kelompok tani dalam menjalankan ketiga fungsinya, sehingga siap menjadi subjek dalam program #SERASI (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) yang canangkan pemerintah.
"Penguatan kapasitas kelompok tani dimaksudkan agar semua kelompok tani memiliki kemampuan dalam hal merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, melakukan pengendalian dan pelaporan, serta mengembangkan kepemimpinan di dalam kelompok tani itu sendiri," paparnya.

Sebagai tindak lanjut hasil Bimtek, seluruh peserta diminta untuk menerapkannya di kelompok tani masing-masing, dimulai dengan hal yang paling #sederhana, yakni 1). Menetapkan sekretariat kelompok; 2). Membuat papan nama kelompok; 3). Mengadakan pertemuan poktan dengan agenda, dengan: a) Menyusun rencana kegiatan kelompok baik berupa rencana belajar maupun rencana usaha selama satu tahun ke depan, termasuk menyusun jadwal pertemuan rutin bulanan didalamnya; b) Melengkapi struktur organisasi kelompok; c) Menyusun aturan kelompok, dll.
"BBPP binuang berkomitmen akan turun langsung ke lapangan mendampingi kelompok tani dalam menerapkan hasil Bimteknya," jelas Toni.
Selain itu, lanjut Toni, penyuluh pertanian juga diminta untuk tetap terus membina kelompok tani binaannya agar program #SERASI berjalan sukses.[toni/bayu/mia]
Lebih baru Lebih lama