Jelang Nyepi, Umat Hindu Tanbu Persiapkan Melasti di Pantai Madani

Jelang Nyepi, Umat Hindu Tanbu Persiapkan Melasti di Pantai Madani

BATULICIN, MK – Ribuan pengunjung diprediksi bakal menyaksikan ritual Melasti di Pantai Madani Tanjung Batu, Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu.
Upacara Melasti sendiri dilangsungkan umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941, atau bertepatan pada 7 Maret 2019.
Suasana religi berbalut seni budaya di Pantai Madani ini digadang-gadang serasa di Pulau Bali. Ini mengingat upacara Melasti bakal terlihat meriah dengan adanya payung, umbul-umbul, dan iringan musik tradisional serta pakaian adat dominasi warna putih.
Menjadi semarak, lantaran sudah menjadi event tahunan Kabupaten Tanah Bumbu. Upacara ini juga diyakini mampu mengangkat antai Madani Tanjung Batu di Kecamatan Sungai Loban, sebagai destinasi wisata.
Camat Sungai Loban, Samsir, Rabu (27/2/2019) mengatakan, Melasti merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar di Pantai Madani Tanjung Batu Kecamatan Sungai Loban.
“Upacara Melasti digelar di Pantai Madani pada tanggal 4 Maret 2019. Acaranya dimulai pukul 09.00 sampai dengan 15.00 Wita,” ungkap Samsir.
Rangkaian acara meliputi kegiatan seremonial dan dibuka dengan tarian panyembrama dan pementasan beleganjur karang taruna.
Ritual keagamaan pementasan tarian rejang dewa, tarian rejang renteng, dharma wacana menjadi persembahan bersama oleh umat Hindu.[joni]
Lebih baru Lebih lama