Kenang Pertempuran Laut Arafuru, Lanal Kotabaru Gelar Upacara Hari Dharma Samudera

Kenang Pertempuran Laut Arafuru, Lanal Kotabaru Gelar Upacara Hari Dharma Samudera

KOTABARU, MK - Upacara peringatan Hari Dharma Samudera 2020 digelar Lanal Kotabaru di Pelabuhan Perikanan Kotabaru (PPK), Rabu (15/1/2020). 
Mengusung tema "Kobarkan Semangat Pertempuran", upacara ini diinspekturi langsung Danlanal Kotabaru Letkol laut (P) Guruh Dwi Yudhanto S.S.T.
Hari Dharma Samudera sendiri merupakan sejarah pertempuran Laut Arafuru. Ini juga menjadi kisah perjuangan Komodor Yos Sudarso A Braye Gentleman. 
Untuk mengenang pertempuran paling heroik itu kemudian dilaksanakan Hari Dharma Samudera setiap 15 Januari, di mana di momen 1962 itu pahlawan laut Komodor Yos Soedarso gugur dan KRI Macan Tutul tenggelam dalam pertempuran di Laut Arafuru. 
Pertempuran di laut juga terjadi di Selat Bali, Laut Sapudi, Laut Cirebon, dan Teluk Sibolga.
KSAL Laksamana Siwi Sukma Aji dalam amanatnya yang dibacakan Guruh menekankan kepada seluruh prajurit TNI AL untuk meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Juga meneladani nilai dan semangat juang ksatria, rela berkorban dan pantang menyerah, pupuk jiwa patriotisme dan jati diri prajurit Matra Laut. Tingkatkan pengetahuan, pelatihan dan pendidikan guna menopang profesionalisme tugas yang semakin kompleks dan sarat tehnologi. 
"Penghormatan dan penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan Samudera akan kita jaga dan pelihara," tuturnya. 
Di zaman era revolusi industri seperti saat ini, lanjutnya, perkembangan teknologi begitu pesat dan pengaruh era globalisasi begitu kuat. Ini menjadi tantangan sebagai garda pelindung keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kemudian juga menjadi semakin kompleks, prajurit TNI Angkatan Laut dituntut untuk lebih adaptor, produktif, berinovasi tinggi, dan kompetitif dalam meningkatkan profesionalisme pelaksanaan tugas.
"Dalam proses, jangan kita lupakan jati diri seorang prajurit yang selalu berpedoman pada Sapta Marga, sumpah prajurit dan trisila TNI Angkatan Laut. PPK kiranya menjadi pilihan, dalam pelaksanaan upacara peringatan Hari Dharma Samudera kali ini," paparnya.
Peringatan Hari Samudera ini turut dihadiri Sekda Kotabaru Said Akhmad, Dandim 1004/Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto, Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin, Anggota DPRD Kotabaru, serta seluruh perwira anggota Lanal Kotabaru, Ketua Jalasenastri Cabang 5 Korcab XIII DJA II.[zainuddin]
Lebih baru Lebih lama