Pastikan Maju, Bacagub Kalteng Nadalsyah Optimis Tiga Parpol Ini Jadi Pengusungnya

Pastikan Maju, Bacagub Kalteng Nadalsyah Optimis Tiga Parpol Ini Jadi Pengusungnya

KUALA KAPUAS, MK - Tensi politik semakin menghangat, figur-figur bakal calon gubernur (Bacagub) gencar menaikan popularitas demi menggaet simpati masyarakat.
H Nadalsyah atau familiar disapa Haji Koyem, salah satu figur yang menyatakan siap maju dalam kontestasi Pilkada, Pilgub Kalimantan Tengah 2020. Ia bahkan sudah meluangkan waktu melakukan sosialisi dengan sejumlah tokoh masyarakat di Kabupaten Kapuas, Rabu (15/1/2020).
Bupati Barito Utara (Batara) dua periode ini yakin diusung Partai Demokrat, mengingat Nadalsyah sendiri adalah kader sekaligus Ketua DPD Demokrat Kalimantan Tengah.
"Saya sudah sowan ke Ketua Umum pak SBY beliau sangat merestui," kata Nadalsyah, usai bersilaturami dengan tokoh masyarakat Kapuas di rumah makan Buli Lewu, Jalan Trans Kalimantan, Kuala Kapuas.
Untuk mencapai 20 persen syarat Parpol pengusung, Nadalsyah mengklaim Parpol yang berpeluang besar mengusungnya selain Demokrat adalah Partai Amanat Nasional (PAN).
"Yang kedua perlu saya sampaikan PAN sejak 2013, dan 2018 saya maju menjadi bupati selalu mendampingi dan ini hampir final juga sudah pembicaraan dengan PAN," tandas Nadalsyah.
Parpol lain, menurut Nadalsyah yang juga berpeluang akan mengusungnya pada perhelatan Pilkada, Pilgub 2020 nanti adalah Partai Hanura.
"Dari beberapa calon yang mendaftar ke Hanura, menurut berita hanya saya yang mengembalikan (melengkapi) berkas, berarti boleh dikatakan pasti. Insya Allah nanti rekom dari Hanura ini ke saya," kata Koyem.
Diketahui dari 45 kursi di DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Partai Demoktrat memiliki 6 kursi, PAN 2 kursi sedangkan partai Hanura 1 kursi, jika tiga parpol itu berkoalisi dengan 9 kursi akan cukup mengusung 1 pasangan calon.
Walaupun ketiga partai tersebut telah cukup menjadi pengusung, menurut Nadalsyah pihaknya akan berupaya mencari dukungan dari Parpol lain.
"Bagaimana dalam satu, dua bulan ke depan ini kita bisa membesarkan perahu," tutup Nadalsyah.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama