Kunjungi Balangan, Ketua Bawaslu Monitoring Kesiapan Tahapan Verifikasi Faktual Pilkada

Kunjungi Balangan, Ketua Bawaslu Monitoring Kesiapan Tahapan Verifikasi Faktual Pilkada

PARINGIN, MK - Untuk kali pertama Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia, Abhan berkunjung ke Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, Minggu (5/7/2020). 

Ini dilakukannya untuk meninjau kesiapan tahapan verifikasi faktual calon perseorangan, dengan sistem penerapan protokol kesehatan Covid-19 dan melalui daring.

Kedatangan Abhan didampingi Ketua Bawaslu Kalimantan Selatan, Erna Kasypiah bersama rombongan disambut Ketua Bawaslu Bakangan Rosmelyanoor di Kantor Bawaslu, Kecamatan Paringin.

Abhan meminta kepada seluruh pengawas Pemilu agar selalu memperhatikan kesehatan dirinya, terlebih saat pandemi Covid-19 saat ini.

"Selalu jaga kesehatan serta terus patuhi protokol kesehatan Covid-19, terutama saat bertugas dalam melakukan pengawasan langsung," kata Abhan.

Selain itu, tambah Abhan, dalam melakukan pengawasan harus teliti dan benar-benar dikonfirmasi kebenarannya agar menghasilkan sesuai fakta yang ada, terkhususnya pada tahapan verifikasi faktual calon perseorangan.

Sementara itu, Erna Kasypiah menyampaikan, pelaksanaan Pilkada kali ini jauh berbeda dibandingkan Pilkada sebalumnya, karena pelaksanan Pilkada kali ini di tengah pandemi Covid-19.

"Saat pandemi Covid-19 tantangan kita dalam pengawas lebih berat, dibanding tidak pandemi. Maka dari itu support dari Bawaslu RI tentu akan memotivasi kita dalam melaksanakan tugas pengawasan," tutur Erna.

Rosmelyanoor menambahkamln, pihaknya sangat senang dengan kedatangan Ketua Bawaslu Abhan, dalam melakukan monitoring dengan meninjau langsung kesiapan tahapan verifikasi faktual calon perseorangan.

"Semoga dengan kedatangannya Ketua Bawaslu RI ke Balangan bisa terus membangkitkan semangat kawan-kawan dalam bertugas melakukan pengawasan Pilkada," pungkasnya.[agus]
Lebih baru Lebih lama