Air Sungai Hulu Jadi Kuning Pekat, Ada Apa?

Air Sungai Hulu Jadi Kuning Pekat, Ada Apa?

SAMBAS, MK - Air sungai di hulu aliran Sungai Sebangkau di wilayah Pelanjau Desa Bukit Segoler, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, tampak berwarna kuning pekat. 

Pekatnya warna air sungai yang merupakan salah satu sumber air baku PDAM Tirta Muare Ulakan ini dikabarkan sudah terjadi sejak beberapa waktu terakhir.

Uray Amir, warga Desa Bukit Segoler, Selasa (17/11/2020) mengatakan, kondisi warna air sungai tersebut sudah berlangsung sejak lama. 

Menurutnya, air dengan warna kuning pekat tersebut akan semakin parah setelah turunnya curah hujan. Bahkan lumpur dari air sungai tersebut dapat terlihat menempel lengket pada tumbuhan yang ada di pinggir sungai.

"Curah hujan dalam sepekan ini sudah mengakibatkan air sungai di bagian hulu bercampur lumpur. Lihat saja tumbuhan di pinggiran sungai, sudah terlihat jelas lumpur nempel lengket. Kalau sekarang mau melihat air sungai jernih sudah sulit," bebernya.

Ia mengungkapkan, selama ini air sungai ini merupakan sumber air yang digunakan masyarakat untuk keperluan sehari-hari. Aliran sungai Sebangkau di wilayah Pelanjau dan sekitarnya, merupakan sumber yang sangat utama kebutuhan air untuk masyarakat.

"Air sungai di aliran air sungai Sebangkau merupakan sumber utama kebutuhan air untuk warga. Bahkan air sungai ini juga sebagai baku air PDAM yang dialirkan hingga ke wilayah Pemangkat dan sekitarnya," tutur Uray kepada Metro Kalimantan.[hefzie/martin]

Lebih baru Lebih lama