Kementan Persiapkan Tenaga Kepelatihan Pendukung Program Pengembangan SDM Milenial

Kementan Persiapkan Tenaga Kepelatihan Pendukung Program Pengembangan SDM Milenial

BANJARBARU, MK - Pelatihan Capacity Building for TVTE - YESS alias Technical Vocational and Education Training for Youth Entreprenuership Empowerment Support Service Kalsel kerjasama BPPSDMP Kementan  dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dilangsungkan mulai 2 Desember 2020, di SMK-PP Banjarbaru Kalimantan Selatan resmi berakhir pada Sabtu (5/12/2020). 

Pelatihan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan tenaga kepelatihan mendukung program pengembangan sumber daya manusia (SDM) milenial.

Pelatihan ini diikuti 12 peserta unsur guru dari SMK-PP Banjarbaru, SMK-SNAKMA Pelaihari dan Widyaiswara Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang.

Diketahui, program YESS alias Youth Enterpeneurship and Employment Support Services, merupakan salah satu upaya Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP)  dalam mengembangkan program kewirausahaan bagi millenial.

Program ini didukung pendanaan dari IFAD (International Fund for Agricultural Development).
Serangkaian pelatihan dan berbagai pembekalan bagi milenial akan dilakukan untuk mewujudkan generasi muda yang memiliki jiwa entreprenuership dan mampu membangun bisnis pertanian yang produktif dan berkesinambungan.

Dr Djuara P. Lubis, fasilitator dari IPB pada sesi pembelajaran terakhir menekankan pentingnya entreprenuership bagi millenial.
Generasi millenial memiliki karakteristik yang beda dengan para fasilitator.

Dia berharap melalui pelatihan ini para fasilitator dapat memainkan perannya sebagai manajer informasi. 

"Generasi milenial karakternya  santai, namun sangat kreatif. Harus difasilitasi dengan baik," tuturnya.

Pelatihan dan pendampingan harus dapat membekali millenial menghadapi perubahan yang cepat, tak menentu, komplek, dan membingungkan.

Airin, salah satu peserta yang sekaligus mewakili tuan rumah mengungkapkan, peran purnawidya pasca pelatihan ini belum begitu jelas.

Namun, program pelatihan bagi milenial sudah pasti. Calon peserta dan calon lokasi  masih terus dilakukan hingga akhir 2020 ini.

Usulan pelatihan dari 3 Kabupaten lokasi program YESS sudah diperoleh dari calon peserta yang sudah terdaftar. Pendataan yang ditindaklanjuti dengan pelatihan dan pendampingan akan terus dilakukan hingga tahun 2025.

Lokasi program YESS di Kalsel saat ini ada 3 Kabupaten, yakni Banjar, Tanah Laut, dan Tanah Bumbu.[advertorial]
Lebih baru Lebih lama