Sekda Kalteng Dampingi Dirjen Bangda Monitor Food Estate di Pulang Pisau

Sekda Kalteng Dampingi Dirjen Bangda Monitor Food Estate di Pulang Pisau

PULANG PISAU, MK - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Hari Nur Cahya Murni, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke 2 kabupaten di wilayah program ketahanan pangan nasional (Food Estate), yakni Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau.

Dikabarkan dalam kunjungan tersebut didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri, pada Sabtu 5 Desember 2020.

"Kunker ini dalam rangka monitoring kegiatan Food Estate di Kapuas dan Pulang Pisau," ucap Dirjen Bangda Kemendagri, Hari Nur Cahya Murni di sela peninjauan. 

Ia mengatakan, nantinya hasil dari kunker kali ini akan langsung dilaporkan kepada pimpinan di tingkat Pusat. "Nanti laporan hasil kunker ini langsung kita sampaikan ke pimpinan," tuturnya.

Di lokasi Food Estate Belanti Siam, tambah Dirjen, pihaknya bersama rombongan meninjau lokasi CoE (Center of Excellence). 

Luas kawasan CoE di Belanti Siam sendiri diketahui mencapai 1.025 hektare terletak di REI 5-29, dengan 538 rumah tangga petani di dalamnya. 

"Di sana ada beberapa teknologi diaplikasikan di kawasan CoE, seperti teknologi pengelolaan air, perbaikan kualitas air, dan pemanfaatan air di lahan pasang surut untuk usaha tani padi unggul dan hortikultura, baik sayuran maupun buah-buahan, termasuk untuk budidaya ikan dan perkebunan," ungkapnya.

Sesuai jadwal sendiri juga diketahui, Minggu (6/12/2020) hari ini, rombongan Dirjen Bangda Kemendagri, didampingi Sekda Kalteng dijadwalkan berkunjung ke kawasan Tugu Soekarno Palangka Raya. 

Rombongan juga dijadwalkan mengunjungi Central Borneo Souvenir Dekranasda Provinsi Kalteng di Jalan Imam Bonjol Nomor 17 Palangka Raya serta Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KUMKM) Kalteng.[kenedy/manan]

Lebih baru Lebih lama